Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penangguhan Umrah, 438 Jemaah Terlanjur Terbang dari Bandara Juanda

Kompas.com - 27/02/2020, 20:11 WIB
Achmad Faizal,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I mencatat sebanyak dua penerbangan ibadah umrah dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Kamis (27/2/2020).

"Kedua penerbangan menggunakan maskapai Saudi Arabia Airline," kata Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro, ketika dikonfirmasi, Kamis sore.

Yuristo mengatakan, penerbangan pertama sudah terlanjur berangkat pada pukul 10.35 WIB.

Pesawat yang terlanjur berangkat itu menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV 359. Pesawat itu membawa 438 jemaah.

Baca juga: Pemerintah Berharap Arab Saudi Izinkan WNI yang Terlanjut Berangkat Umroh

Sementara penerbangan kedua dibatalkan karena kebijakan Arab Saudi menyetop sementara kedatangan umrah dari negara yang terdampak penyebaran virus corona.

"Jadwal penerbangan kedua statusnya dibatalkan, karena kebijakan penutupan sementara akses jemaah umrah dari Indonesia akibat virus corona," jelasnya.

Menurut Yuristo, ratusan jemaah yang berangkat pada penerbangan kedua telah berada di bandara sejak Kamis siang. 

"Pihak pengelola bandara sudah memberikan sosialisasi tentang kebijakan penutupan sementara akses umrah kepada jemaah dan sekarang jemaah sudah kembali pulang," terangnya.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi. Kebijakan ini berlaku mulai Kamis (27/2/2020).

Dikutip dari Arab News, Kamis (27/2/2020), Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Baca juga: Menhub: Dua Pesawat yang Terlanjur Terbang ke Arab Saudi Diupayakan Tetap Diterima

Otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah negara Teluk dalam beberapa hari terakhir.

Tindakan tersebut dilakukan untuk tindakan pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan umrah maupun wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com