Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main TikTok bersama Cinta Laura Saat Jabar Banjir, Ridwan Kamil Disentil Netizen

Kompas.com - 26/02/2020, 14:08 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Aksi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bermain TikTok bersama aktris Cinta Laura dan mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal disentil warganet (netizen).

Warganet merasa geram lantaran pada saat yang bersamaan, sejumlah daerah seperti Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Subang tengah diterjang banjir.

Ridwan Kamil, Dino, dan Cinta Laura tengah bertemu dalam sebuah acara peresmian kafe kopi pertama milik Pemprov Jabar di Melbourne, Australia.

Dalam unggahan akun Instagram @artis.indo_hits, banyak warganet menyayangkan sikap Ridwan Kamil yang dinilai tak peduli dengan kondisi banjir di Jabar.

Meski demikian, ada pula yang memberikan pembelaan.

"Bekasi banjir parah itu Kang Emil... Sibuk banget sama tiktoknya," tulis pemilik akun @oryimelda.

"Pejabat jg butuh hiburan, jgn serius2 amat, main tiktonua gak lebih dari 5 menit, sisanya mereka balik lagi ke tugas masing2, be positive," ujar @frida_meitika.

Baca juga: Tangani Banjir di Karawang, Kapolda Jabar Usul Ini ke Ridwan Kamil

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, layanan darurat telah diberikan kepada warga Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi yang terdampak banjir.

"Perangkat daerah yang menangani bencana banjir dikerahkan untuk menangani dan memberikan layanan darurat kepada masyarakat terkena dampak," ucap Setiawan di Gedung Sate, Rabu (26/2/2020).

Berdasarkan laporan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar yang berada di lokasi banjir, BPBD Jabar telah melakukan pendampingan assessment dengan membawa perahu karet.

Selain itu, logistik berupa makanan siap saji, lauk-pauk, sembako, tambahan gizi, matras, dan selimut juga sudah dikirimkan ke Kabupaten dan Kota Bekasi. BPBD Jabar pun terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten dan Kota Bekasi untuk mendata korban terdampak.

Selain wilayah Bekasi, pendampingan assessment dan pengiriman logistik juga dilakukan bagi warga terdampak banjir di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Subang.

Banjir di Jawa Barat

Seperti diketahui, tiga daerah di Jawa Barat, yakni Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi diterjang banjir, Selasa (25/2/2020).

Dari data sementara BPBD Jawa Barat, banjir di Kabupaten Karawang menyebar di delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Kutawaluyu, Jayakerta, Cilebar, Telukjambe Barat, Rengasdengklok, Tegalwaru, Pangkalan, dan Ciampel.

"Ketinggian air mulai 30 cm hingga 120 cm. Kejadian ini diakibatkan oleh hujan intensitas tinggi dan adanya luapan Sungai Cidawolong. Lokasi pengungsian sembilan titik di Desa Rengasdengklok Selatan, Rengasdengklok Utara, dan Desa Kertasari," ujar Manajer Pusdalops BPBD Jabar Budiman Wahyu saat dihubungi via pesan singkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com