Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kabupaten Bertemu Bahas Percepatan Pemekaran Provinsi Papua Selatan

Kompas.com - 24/02/2020, 15:04 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MERAUKE, KOMPAS.com - Empat kabupaten di Papua kembali bertemu untuk membahas percepatan pemekaran Provinsi Papua Selatan, di Kantor Bupati Merauke, Senin (24/2/2020).

Pertemuan yang digagas dalam bentuk rapat koordinasi ini dipimpin Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo, Wakil Bupati Merauke Sularso, Bupati Mappi Kristimosimus Yohanes Awegemu, dan Kepala Kesbangpol Kabupaten Boven Digoel Marthen Rumpombo.

Dalam rapat koordinasi ini juga dihadiri perwakilan tokoh masyarakat yang datang dengan menggunakan atribut adat.

Hal ini dilakukan untuk menunjukan bahwa tokoh masyarakat sangat mendukung agar pemekaran Provinsi Papua Selatan segera terbentuk.

Baca juga: Fakta Pemekaran RT di Magetan, Dilarang Sejak 2015 hingga Kesulitan Urus Dokumen

Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo mengatakan, ada dua agenda penting dalam rapat koordinasi ini, yaitu membentuk struktur tim personalia yang melibatkan empat kabupaten, dan membahas agenda kerja guna percepatan pemekaran Provinsi Papua Selatan.

"Jadi, ada dua agenda yang dibahas dalam rapat koordinasi ini, bentuk tim dan bahas agenda kerja tim," kata Thomas, yang juga ketua tim pemekaran Provinsi Papua Selatan, Senin (24/2/2020).

Setelah itu, pihaknya akan bertemu dengan para bupati untuk menanyakan komitmen dukungan anggaran tim kerja.

"Pada akhir November 2019 lalu, para bupati sudah bersedia akan menyedikan dana hibah untuk percepatan proses pemekaran Provinsi Papua Selatan," ujar Thomas.

Sementara, Wakil Bupati Merauke Sularso mengatakan, pertemuan ini untuk mempersiapkan percepatan Provinsi Papua Selatan.

Sehingga diharapkan, dengan terbentuknya Provinsi Papua Selatan dapat mempercepat pembangunan di selatan Papua.

"Pemerintah Kabupaten Merauke merasa terhormat karena kembali menjadi tuan rumah pembahasan percepatan pemekaran Provinsi Papua Selatan," ujar Sularso.

Sementara itu, Bupati Mappi Kristimosimus Yohanes Awegemu pun meminta kepada semua pihak untuk tidak ragu berbicara pemekaran Provinsi Papua Selatan.

Untuk itu, dia meminta kepada tim yang melibatkan perwakilan dari empat kabupaten ini harus konsisten, dan terfokus pada perencanaan kerja tim. 

Baca juga: DPW PAN Papua Minta Kadernya di DPR Tolak Rencana Pemekaran Wilayah

"Kita jangan ragu untuk bicara pemekaran Provinsi Papua Selatan. Semua harus bersatu untuk perjuangan provinsi ini. Apa yang kita lakukan juga harus jelas sehingga masyarakat tahu," kata Kristosimus.

Sebelumnya, pada 27 November 2019 lalu, empat kabupaten di selatan Papua bertemu membetuk tim pemekaran Provinsi Papua Selatan.

Empat kabupaten ini yakni, Kabupaten Asmat, Merauke, Mappi, dan Boven Digoel.

Tim yang dibentuk di Hotel Swisbell Merauke, diketuai oleh Thomas Eppe Safanpo yang juga Wakil Bupati Asmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com