Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sutarmidji Tegaskan Netral dalam Pilkada 7 Kabupaten di Kalbar

Kompas.com - 24/02/2020, 14:37 WIB
Hendra Cipta,
Khairina

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menegaskan tidak akan terlibat dalam pemenangan salah satu calon dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020.

Menurut dia, jika ada bakal calon bupati dan wakil bupati yang mengaku didukung Sutarmidji, itu adalah klaim sepihak.

"Kalau ada pasangan bakal calon bupati dan calon wakil bupati yang mengaku saya dukung, itu klaim sepihak," kata Sutarmidji dalam rapat koordinasi persiapan pemilihan kepala daerah di Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (24/2/2020).

Baca juga: KPU Tetapkan Sutarmidji-Ria Norsan sebagai Gubernur dan Wagub Kalbar

Sutarmidji mengatakan, dalam pilkada kali ini dia akan menempatkan diri sebagai gubernur yang tidak memiliki kapasitas mendukung pasangan calon mananapun.

"Saya ingin menempatkan diri sebagai gubernur dan tidak berkapasitas mendukung pasangan calon manapun serta saya tidak akan mendukung siapa-siapa. Saya netral," ujar Sutarmidji.

Bang Midji, sapaan akrabnya ini juga memberikan peringatkan kepada para aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak terlibat dalam politik praktis dengan mendukung pasangan calon bupati maupun wakil bupati.

"Saya serius ya, bukan gertak, kalau ada kedapatan ASN yang mendukung atau berpihak pada pasangan calon dalam pilkada, saya pastikan akan ditindak," tegas Midji.

Penindakan ASN yang terlibat politik praktis berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yang menyatakan pegawai negeri memiliki kewajiban menjaga netralitas, serta bersih dari keberpihakan terhadap kelompok politik tertentu.

"Jika terbukti melanggar, aturan-aturan tentang ASN akan mungkin diterapkan. Saya pastikan akan menjalankannya," seloroh Midji.

Baca juga: Pilkada Kalbar, Pasangan Karolin-Gidot Ucapkan Selamat pada Sutarmidji-Ria Norsan

Dia juga harap Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pilkada berlaku adil dan transparan kepada semua pasangan calon.

"Semoga pilkada serentak 2020 ini berjalan tertib dan aman," tutup Midji.

Sebagaimana diketahui, ada 7 kabupaten di Kalbar yang akan menggelar pilkada serentak pada September 2020 mendatang, yakni Kabupaten Sambas, Bengkayang, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, dan Ketapang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com