Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Bentuk Candi yang Terpendam di Dieng Seperti Palang Yunani

Kompas.com - 24/02/2020, 10:37 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Bangunan candi yang ditemukan terkubur di lahan milik warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, berbeda dengan candi yang sudah ada sebelumnya.

Ketua Kelompok Kerja Pemugaran Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah sekaligus Koordinator Unit Candi Dieng Eri Budiarto mengatakan, candi tersebut memiliki keunikan tersendiri dibanding sembilan candi lain di kawasan tersebut.

"Bentuk denahnya sudah kelihatan. Bentuk candi ini seperti palang Yunani, tapi bentuknya persegi panjang, kalau palang Yunani kan bentuknya bujur sangkar," kata Eri saat dihubungi, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Bangunan yang Terpendam di Lahan Warga Dieng Dipastikan Candi

Menurut Eri, candi tersebut cukup besar untuk ukuran candi di Dataran Tinggi Dieng dengan lebar bangunan 5X4 meter.

Namun, pihaknya belum dapat memastikan tinggi bangunan tersebut.

Keunikan lain, lanjut Eri, jika dilihat dari arah tangganya, candi tersebut menghadap ke arah timur. Hal itu berbeda dengan candi-candi lain di Dieng yang umumnya menghadap ke barat.

Selain itu, bagian puncak candi memiliki motif lotus. Motif tersebut belum pernah ditemukan pada candi-candi di Dieng yang umumnya memiliki puncak bangunan meru atau keben.

"Menurut saya temuan candi ada keterkaitan dengan candi-candi lainnya yang ada di Dieng. Kalau berdiri dari tempat itu, kita bisa melihat keseluruhan candi yang ada di dataran rendahnya," ujar Eri.

Baca juga: Gali Septic Tank, Warga Temukan Struktur Bangunan Diduga Candi di Dieng

Eri mengatakan, candi tersebut diduga merupakan tetua dari candi-candi lainnya. Selain lebih tinggi, batu candi tersebut berukuran lebar dan tipis, sedangkan candi-candi lain berbentuk balok kecil-kecil.

Diberitakan sebelumnya, BPCB Jawa Tengah telah melakukan ekskavasi atau penggalian di lokasi sejak Senin (17/2/2020) pekan lalu.

Struktur bangunan yang ditemukan terpendam di lahan milik Alif Faozy warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, dipastikan merupakan sebuah candi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com