Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan yang Terpendam di Lahan Warga Dieng Dipastikan Candi

Kompas.com - 24/02/2020, 10:19 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Struktur bangunan yang ditemukan terpendam di lahan milik warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dipastikan merupakan sebuah candi.

Ketua Kelompok Kerja Pemugaran Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah sekaligus Koordinator Unit Candi Dieng Eri Budiarto mengatakan, telah melakukan ekskavasi atau penggalian di lokasi sejak Senin (17/2/2020) pekan lalu.

"Sebagian besar sudah kami angkat. Semoga bisa segera kami tindak lanjuti lagi untuk membuka secara keseluruhan karena bentuknya sudah ketemu," kata Eri saat dihubungi, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Gali Septic Tank, Warga Temukan Struktur Bangunan Diduga Candi di Dieng

Eri mengatakan, dari beberapa reruntuhan yang ditemukan menunjukkan beberapa bagian-bagian candi, antara lain penampil, tubuh, dan atap.

Konsentrasi reruntuhan bangunan mengarah ke timur laut.

"Secara analogi sudah terlihat bentuk candi, meskipun masih perlu kajian lebih lanjut untuk merekonstruksi bangunan tersebut," ujar Eri.

Lebih lanjut, Eri mengatakan, telah berkomunikasi dengan pemilik lahan lokasi ditemukannya candi.

Pasalnya temuan itu berkaitan dengan cagar budaya yang berdasarkan undang-undang harus dilindungi dan dipertahankan.

"Mungkin untuk tahap awal lahan tersebut akan kami sewa dulu selama proses kajian dan penelitian. Selanjutnya mungkin akan dilakukan pembebasan lahan," kata Eri.

Menurut Eri dengan temuan candi tersebut, hingga saat ini terdapat 10 candi di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Sembilan candi lainnya yaitu candi di kompeks Candi Arjuna (Sembadra, Puntadewa, Srikandi, Arjuna, dan Semar), kemudian Candi Setiyaki, Candi Gatotkaca, Candi Dwarawati dan Candi Bima.

Baca juga: Arca Ganesha Terbesar Diangkat dari Kawasan Dieng

Diberitakan sebelumnya, warga menemukan struktur bangunan yang diduga candi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di lahan milik Ali Faozy pada tanggal 17 Januari 2020.

"Awal penemuannya itu kan di lahan milik Mas Alif Faozy pada 17 Januari. Dia rencana mau bikin septic tank, ditemukan struktur bangunan, kedalaman galian hampir 2 meter. Kalau struktur bangunan sekitar 50 sentimeter dari permukaan," kata Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelolaan Obyek Wisata Dieng Aryadi Darwanto saat dihubungi, Senin (20/1/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com