Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Penuh, Asyiknya Menikmati Udara Bersih Bromo

Kompas.com - 23/02/2020, 22:26 WIB
Ahmad Faisol,
Khairina

Tim Redaksi


PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Sejumlah wisatawan Bromo di Kabupaten Probolinggo mengaku mendapatkan suasana baru dan pengalaman berbeda saat ke Bromo pada Minggu (23/2/2020).

Rudi Haq, wisatawan asal Kabupaten Lumajang yang berekreasi ke Bromo bersama istri dan anaknya mengaku takjub saat ke Bromo melalui jalur Kabupaten Probolinggo.

Pasalnya, lautan pasir yang mengelilingi Bromo bebas asap knalpot. Udara sejuk yang biasanya kotor, kali ini bersih dan segar dihirup.

"Akhir tahun lalu kami ke sini pakai masker. Sekarang enggak perlu pakai. Biasanya banyak asap kendaraan dan abu beterbangan akibat dilindasi kendaraan. Sungguh luar biasa segar udaranya," katanya saat berbincang dengan KOMPAS.com.

Baca juga: Khofifah: Sudah Ada Calon Investor untuk Pembangunan Kereta Gantung di Bromo

Karena tidak ada kendaraan yang masuk ke lautan pasir, Rudi dan keluarga berjalan kaki dari pos menuju kaldera.

Sepulang dari lautan pasir, dia memilih naik kuda bersama keluarganya.

Dandi Gafur, wisatawan asal Kabupaten Jember mengatakan mendapatkan sesuatu yang istimewa saat menikmati pemandangan Bromo di atas hamparan lautan pasir kali ini.

Menurutnya, ketenangan sangat terasa dan suara pasir berbisik semakin jelas terdengar. Udara sejuk yang menerpa tubuhnya berbeda dari biasanya.

"Saya tinggal di kota di wilayah Jember. Kerap dihantam polusi udara dan suara. Saya ke Bromo ingin menikmati pemandangan, dan pemandangan Bromo kali ini istimewa karena oksigennya bersih dan natural. Liburan ke Bromo kali ini mengesankan," ujar Dandi.

Adapun Febri, wisatawan lokal juga mengaku terperangah pemandangan alam Bromo.

Dia membawa ketiga anaknya berlarian di lautan pasir dengan aman dan nyaman karena nihil kendaraan.

"Biasanya kalau ke sini kami mandi abu dan pasir yang berterbangan. Belum lagi asap kendaraan yang bikin pernafasan kurang nyaman. Ini baru pertama saya rasakan," ujar Febri yang seorang ASN ini.

Karena ketiga anaknya gemar main aplikasi tiktok, Febri pun tidak melewatkan kesempatan membuat rekaman tiktok dengan latar Gunung Bromo yang sejuk dan segar udaranya.

Baca juga: Khofifah Akan Integrasikan Bromo Tengger Semeru dengan Destinasi Wisata Lain

Dalam pengamatan KOMPAS.com pada Minggu (23/2/2020), lautan pasir Bromo terlihat bersih dan jernih. Udaranya sangat terang dan pemandangan gunung-gunung di sekitar kaldera sangat jelas.

Lipatan pasir yang sebelumnya jarang dijumpai kini jelas dan tebal. Anak-anak yang ikut liburan bersama orang tuanya bebas berlarian di kaldera.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com