Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkades Serentak, Satu Desa di Karawang Gunakan Sistem Scan Barcode

Kompas.com - 23/02/2020, 22:05 WIB
Farida Farhan,
Dony Aprian

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Satu dari 45 desa di Karawang yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak hari ini, Minggu (23/2/2020), menggunakan sistem scan barcode.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Warungbambu, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menerapkan ini demi efisiensi waktu dan mengantisipasi adanya pemilih ganda.

Baca juga: Cianjur Gelar Pilkades pada 23 Februari, Polisi Deteksi 5 Wilayah Rawan Konflik

Ketua Panitia Sebelas Desa Warungbambu Endang Kosasih mengklaim dengan sistem tersebut, setiap kehadiran pemilih ke TPS sudah diawasi.

"Dengan sistem ini, pemilih yang sudah melaksanakan hak pilihnya tidak bisa memilih lagi, karena nomor kodenya sudah terekam oleh server kami. Sehingga mengantisipasi adanya pemilih ganda," kata dia, Minggu (23/2/2020).

Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan simulasi dan diketahui sistem ini dapat mengefisiensi waktu yakni, dalam semenit bisa merekam 1 sampai 10 pemilih.

"Kalau sistem manual membutuhkan waktu cukup lama untuk mencatat pemilih yang datang," ucapnya.

Baca juga: Meski Banjir, Warga Karawang Antusias Mencoblos di Pilkades Serentak

Endang menjelaskan, data para pemilih tersebut bisa digunakan seumur hidup.

Artinya, masyarakat tidak perlu mendaftar ulang ketika ada agenda Pilkades atau pemilihan kepala daerah, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

"Sementara jika ada tambahan, masyarakat bisa langsung mendaftar melalui aplikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah kami buat sendiri. Masyarakat bisa langsung mendaftar menggunakan gawainya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com