Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebing 8 Meter Longsor hingga Tutup Jalan di Cianjur, Satu Warga Jadi Korban

Kompas.com - 20/02/2020, 20:04 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Tebing setinggi delapan meter di Kampung Tangkil Kaler RT 003/001, Desa Babakankaret, Kecamatan/Kabupaten Cianjur, Jawa Barat longsor, Kamis (20/2/2020) petang.

Akibatnya, ruas jalan desa tertutup material longsor, dan seorang warga yang kebetulan melintas saat kejadian terluka akibat tertimpa pohon yang ikut tergerus longsoran.

Korban lalu dilarikan ke instalasi gawat darurat RSUD Sayang Cianjur untuk mendapatkan penanganan medis.

“Mengalami luka ringan. Lecet di kedua tangannya. Tidak ada luka dalam. Sekarang sudah diperbolehkan pulang untuk menjalani rawat jalan,” kata Kapolsek Cianjur Kota, Kompol Iskandar, Kamis.

Baca juga: Tebing Longsor di Sukabumi, 5 Kepala Keluarga Diungsikan 

Jajarannya langsung menerjunkan personel ke lokasi untuk membantu pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) membersihkan badan jalan dari material longsor.

“Akses jalan dari kedua arah sempat tertutup. Namun, sudah bisa kembali dilalui kendaraan,” ucapnya.

Sementara Sekretaris Kabupaten Cianjur Mokhammad Irfan Sofyan mengatakan, peristiwa tebing longsor setinggi delapan meter dengan lebar 10 meter itu dipicu tingginya intensitas hujan di wilayah tersebut.

“Proses pembersihan badan jalan dari material longsor melibatkan alat berat, termasuk kendaraan damkar dan mobil tangki air untuk menyemprot tanah dan lumpur,” kata dia.

 Baca juga: Tragedi Tembok Rumah Ambrol Dini Hari di Ciawi, Satu Keluarga Tewas Tertimbun

Saat ini, akses jalan yang sempat tertutup material longsor sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun mobil dari kedua arah.

Namun, pihaknya mengingatkan masyarakat dan pengguna jalan untuk tetap waspada mengingat potensi longsor susulan masih ada.

"Kondisinya masih labil ditambah curah hujan juga sekarang sedang tinggi. Waspada dan senantiasa berhati-hati,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com