Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Video Viral Bupati Lebak Ngamuk ke Sopir Truk Pengangkut Tanah, Akibat Jengkel hingga Sita Kunci Truk

Kompas.com - 19/02/2020, 06:00 WIB
Acep Nazmudin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Video yang berisi tentang Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengamuk ke sopir truk viral di media sosial. Bupati perempuan tersebut marah-marah hingga berujung penyitaan kunci truk.

Potongan-potongan video tersebut banyak tersebar di media sosial.

Dalam satu potongan video menunjukkan, Iti tengah memarahi seorang sopir truk yang disebut telah merusak jalan dan jembatan milik rakyat.

Video lainnya dengan versi lebih panjang juga diunggah oleh akun resmi Iti @viajayabaya.

"Jembatan aing rusak ku daraira, jalan rusak, ngenah bae (jembatan saya rusak sama kamu, jalan rusak, enak saja)," kata Iti dalam potongan video tersebut yang diunggah, Selasa (18/2/2020).

Baca juga: Penyebab Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya Marah-marah ke Sopir Truk

Kronologi kejadian Bupati Lebak ngamuk

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Assalamualaikum, setelah selesai dari lebakgedong td siang saya lanjut monitoring melalui Kec. Curugbitung- Maja, di jalan saya mendapati Truck2 besar pengangkut tanah merah yang sama sekali tidak menguntungkan Kab. Lebak. . Perlu Kami tegaskan, bahwa Pemkab Lebak tidak pernah ada niatan untuk menghambat pihak manapun yg ingin melakukan usaha, tidak pernah. Tapi bagaimanapun, setiap usaha itu selain harus dilengkapi dengan perijinan sesuai ketentuan, namun juga tidak boleh merugikan pihak lain, khususnya masyarakat pengguna fasilitas umum. Keberadaan angkutan galian tanah merah ini, tetap harus menaati ketentuan beban kelas jalan yg ada. Jalan ini dibangun menggunakan uang negara yg berasal dari pajak masyarakat. . Saya sudah cukup mengingatkan dan aparat saya berulangkali sudah menertibkan, tapi rupanya oknum2 ini masih juga membandel. Tidak ada cara lain, kami amankan kunci2 mobil angkutan, alat beratnya dan identitas berupa KYP/SIM Supir dan mandor di lokasi galian, apabila masih punya itikad baik, silahkan datang temui Saya. Demi warga masyarakat Lebak, Saya akan pasang badan. Mari kita jaga bersama Lebak ini dan jangan pernah lelah untuk mencintai Lebak.

A post shared by Iti Octavia Jayabaya (@viajayabaya) on Feb 18, 2020 at 12:16am PST

Dalam keterangan video yang diunggahnya, Iti mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat dirinya dalam perjalanan ke Kecamatan Maja setelah dari Kecamatan Lebak Gedong.

"Di jalan saya mendapati truk-truk besar pengangkut tanah merah yang sama sekali tidak menguntungkan Kabupaten Lebak," tulis Iti.

Iti mengatakan, truk-truk yang mengangkut tanah merah tersebut merugikan Kabupaten Lebak karena merusak fasilitas umum, seperti jalan dan jembatan yang dibangun dari uang negara.

Baca juga: Remaja 13 Tahun Dibunuh Lalu Diperkosa, Ini Komentar Bupati Lebak

Iti mengklaim sudah berulang kali mengingatkan dan sudah berkali-kali ditertibkan, tetapi para sopir truk tetap membandel.

"Tidak ada cara lain, kami amankan kunci-kunci mobil angkutan dan alat beratnya, apabila masih punya itikad baik, silahkan datang temui saya," tantang Iti.

Hingga saat ini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 10.000 kali dan dikomentari 300 warganet.

Baca juga: Marah-marahnya Bupati Lebak Berbuah Piala Adipura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com