Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tertimbun Longsor, Akses Jalan Geopark Cileteuh Kembali Dilintasi Kendaraan

Kompas.com - 17/02/2020, 23:47 WIB
Budiyanto ,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Ruas jalan menuju kawasan utama Geopark Ciletuh Palabuhanratu di Kecamatan Ciemas, Jawa Barat kembali dilintasi kendaraan bermotor. 

Sehari sebelumnya, dua ruas jalan provinsi menuju sejumlah tempat wisata di Desa Ciwaru tertimbun longsor dan terendam banjir sehingga akses lalu lintas tertutup.

"Alhamdulillah akses lalu lintas Jalan Tamanjaya Ciwaru sudah bisa dilintasi kendaraan bermotor meskipun buka tutup," kata Kepala Sub Unit Pengelolaan (SUP) IV Sukabumi Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat Entis Sutisna saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/2/2020) malam.

Baca juga: Hati-hati, Tol Cipularang KM 118 Berpotensi Longsor Kembali

 

Selain itu, kata dia, ruas Jalan Loji Ciwaru sudah bisa dilintasi meski hanya sepeda motor karena masih ada satu titik yang masih proses pembersihan.

Sutisna menjelaskan, proses pembersihan ruas jalan yang tertimbun longsor di Tanjakan Cipeucang memakan waktu hampir 12 jam.

"Terdapat empat titik yang ditotalkan panjangnya 190 meter dengan ketinggian timbunan tanah ada yang mencapai dua meter," ujarnya.

Dikatakannya, pembersihan mengerahkan dua alat berat dari Dinas Bina Marga Provinsi dan BPBD Kabupaten Sukabumi serta satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar).

"Proses pengerjaan pembersihan sempat terkendala material longsoran berupa tanah, bahkan ada batu yang besar sekali," ujar dia.

Baca juga: Dikepung Banjir dan Longsor, Wisatawan Geopark Ciletuh Terjebak Tidak Bisa Pulang

Selain itu, kata Sutisna, pohon besar juga tumbang ke badan jalan tepat di tanjakan sehingga operator alat berat kesulitan dan perlu kerja keras.

"Kami juga mengerahkan 10 anggota tim URC Bina Marga dan 24 petugas harian lepas dari tiga kamandoran," kata dia.

Upaya pembersihan ruas jalan ini melibatkan BPBD Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Ciemas, Polsek.Ciemas, Koramil Ciemas, dan elemen masyarakat di wilayah Kecamatan Ciemas.

Sebelumnya diberitakan, diguyur hujan deras sejak siang, ruas jalan provinsi di wilayah Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, tertimbun tanah longsor dan terendam banjir, Minggu (16/2/2020).

Bencana hidrometeorologi ini melanda ruas Jalan Tamanjaya-Ciwaru di tiga lokasi.

Akibatnya jalan raya yang menghubungkan beberapa lokasi pariwisata di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu tidak bisa dilintasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com