Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gajah Terkurung di Perkebunan Warga Aceh Utara, Rusak Kebun Sawit

Kompas.com - 17/02/2020, 16:26 WIB
Masriadi ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Sekitar 30 gajah liar masuk ke perkebunan milik Abu Bakar, di Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, Senin (17/2/2020). Akibatnya, sekitar 60 pohon sawit tumbang.

Staf Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Utara, Nurdin, kepada Kompas.com, menyebutkan sudah menerima laporan dari petani tersebut. Dia menyebutkan tanaman sawit itu mati diinjak gajah liar. Sehingga petani mengalami kerugian.

“Sejauh ini kita baru terima satu laporan dari petani. Tadi, kita sudah bagikan petasan untuk mengusir gajah liar itu oleh petani. Diusir dengan cara menghidupkan petasan itu solusi pertama sebelum dilakukan pengusiran ke habitatnya,” sebut Nurdin.

Baca juga: Anak Gajah Sumatera di Riau Mati, Diduga Alami Gangguan Pencernaan

Dia menyebutkan, jika BKSDA akan mengusir gajah liar itu, namun masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara harus membantu timnya untuk menunjukkan arah yang tepat.

“Gajah di wilayah ini sudah terkurung antara kebun masyarakat, kalau kita usir dia (gajah) lari antara kebun milik warga. Misalnya dia lari dari kebun warga di Desa Bate Pila ke Desa Bate Plang, Kecamatan Nisam Antara atau ke kebun di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur,” sebutnya.

Baca juga: Jejak Gajah Liar Terlacak, Warga di Tiga Desa di Jambi Resah

Untuk itu perlu dipandu oleh masyarakat untuk memastikan gajah itu masuk ke kawasan hutan. Bukan lari ke kawasan perkebunan warga di kecamatan lainnya.

“Ini harus dibantu oleh Pemerintah Aceh Utara agar pengusiran itu efektif, jangan sampai kita usir malah berpindah ke kebun lain di kecamatan lain,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com