Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Maluku Tengah Laporkan Temuan Dugaan Beras Plastik

Kompas.com - 17/02/2020, 12:23 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Beras diduga berbahan plastik kembali ditemukan beredar di Masohi, Kabupaten Maluku Tengah.

Beras diduga berbahan plastik ini pertama kali diketahui oleh seorang karyawati salah satu minimarket di Kota Masohi bernama Darmila Patty, saat ia sedang memasak beras yang dibeli rekannya dari Pasar Binaya, Masohi, pada Minggu (16/2/2020).

Saat ini, temuan beras diduga berbahan plastik itu telah dilaporkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku Tengah ke Polres Maluku Tengah.

Baca juga: BPOM Pastikan Tidak Ada Beras Plastik Beredar di Maluku

“Memang benar ada laporan itu dan saat ini sedang diselidiki untuk memastikan berasnya berbahan plastik atau tidak,” kata Kasat Reskrim Polres Maluku Tengah, AKP Sahirul Awab kepada wartawan, Senin (17/2/2020).

Saat ini, sampel beras yang diduga berbahan plastik tersebut telah dikirim ke Ambon untuk diuji oleh Balai POM.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku Tengah, Bahrun Kalauw yang dihubungi secara terpisah mengakui kasus itu telah dilaporkan pihaknya ke polisi, namun dia belum bisa memastikan beras yang ditemukan itu merupakan beras berbahan plastik ataukah tidak.

“Kami belum bisa pastikan itu beras plastik atau tidak, makanya kami sudah bawa sampel berasnya untuk diuji di Balai POM,” kata dia.

Dia pun mengimbau kepada warga di Kota Masohi agar tetap tenang dan tidak panik karena saat ini pihaknya masih menunggu hasil uji lab terhadap beras diduga plastik yang ditemukan di Pasar Masohi tersebut.

“Kepada masyarakat kami mengimbau tetap tenang sampai uji sampel berasnya keluar, jadi jangan dulu berkesimpulan bahwa ada beras plastik beredar di Masohi,” kata dia.

Sementara, Kepala Baial POM Ambon, Hariani mengatakan, terkait kasus tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Disperindag Maluku Tengah untuk menguji sampel beras yang diduga berbahan plastik tersebut.

Baca juga: Polisi Tak Temukan Beras Plastik di Rumah Makan yang Videonya Viral

“Kami sudah koordinasi rencananya mereka mau bawa sampel berasnya untuk diuji di sini,” ujar dia.

Dia menambahkan terkait kasus itu pihaknya mendapatkan laporan bahwa beras yang ditemukan itu susah dimasak, sehingga ada kecurigaan berasnya mengandung bahan plastik.

”Tapi, secara eksplisit dari disperindag Maluku Tengah tidak menjelaskan itu beras plastik jadi nanti kami tunggu hasilnya,” ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com