Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Calon Independen di Pilkada Solo 2020, Gibran Akui Punya Strategi Rahasia

Kompas.com - 11/02/2020, 18:03 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Putra sulung Presiden Jokowi sekaligus bakal calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku telah memiliki strategi pemenangan melawan calon Wali Kota Surakarta dari jalur independen di Pilkada Solo 2020.

Strategi apa yang disiapkan itu, suami Selvi Ananda tersebut masih merahasiakannya. Ia hanya mengatakan, selalu blusukan menemui warga Solo.

"Pokoknya selalu turun ke masyarakat. Blusukan ke gang-gang kecil mendengarkan keluhan warga, itu saja," terang Gibran di Solo, Jawa Tengah, Selasa (11/2/2020).

Baca juga: Ikuti Fit and Proper Test, Gibran Optimistis Dapat Rekomendasi

Gibran mengatakan, kegiatan blusukan itu rutin dilakukan sejak tiga bulan terakhir.

Dirinya mengaku dalam sehari bisa melakukan blusukan lima sampai enam titik lokasi.

Dia menyampaikan, setiap blusukan dirinya selalu menerima masukan dan keluhan warga. Keluhan warga yang disampaikan juga berbeda-beda.

"Beda kampung beda masalah. Keluhannya juga beda-beda. Paling banyak keluhan warga itu masalah air," ungkap ayah Jan Ethes Srinarendra.

Baca juga: Bersama PDI-P atau Tidak, Partai Golkar akan Usung Gibran di Solo

Sebelumnya diberitakan, pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta dari jalur Independen di Pilkada Solo 2020.

Mereka adalah pasangan dari jalur perseorangan yang pertama kali mendeklarasikan diri ikut berlaga dalam kontestasi pesta demokrasi lima tahunan di Solo.

Bagyo adalah warga RT 001, RW 006, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan. Ia merupakan seorang penjahit.

Sedangkan FX Supardjo adalah warga RT 001, RW 007, Karangturi, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan. Supardjo merupakan Ketua RW 007 di Kelurahan Pajang.

Pasangan Bajo maju jalur independen dengan didukung jaringan Tikus Pithi Hanata Baris yang merupakan organ relawan pendukung Jokowi di Pilpres 2019.

"Setahun yang lalu kami sudah melakukan penggalangan dukungan (jalur independen) dari bawah bersama Tikus Pithi Hanata Baris," kata Bagyo dalam konferensi pers di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/2/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com