Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misterius, Gulungan Rambut Patung Diduga Arca di Pinrang

Kompas.com - 11/02/2020, 14:40 WIB
Suddin Syamsuddin,
Khairina

Tim Redaksi

PINRANG, KOMPAS.com  -- Gulungan rambut dari rupa patung temuan  yang diduga arca oleh Saddng, seorang buruh bangunan asal Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan masih misterius.

Hal itu diungkap Kepala Laboratorium Arkeologi Unhas dan Dosen Arkeologi Unhas Iwan Sumantri, MA, M.Si. 

"Dari rupa patung yang diduga arca temuan warga di Pinrang, masih misterius, utamanya pada gulungan rambut. Dari pengalaman dan disiplin ilmu yang saya miliki, belum pernah menemukan arca mirip dugaan arca yang ditemukan di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan," kata Iwan Sumantri, Selasa (11/2/2020).

Baca juga: Arkeolog Unhas Anggap Bentuk Arca yang Ditemukan di Pinrang Tak Biasa

Jika dilihat dari rupa serta gulungan rambut dan tanda segitiga pada gulungan itu, kata Iwan, belum bisa disimpulkan dari mana dan berapa umur patung yang diduga arca itu.

Iwan Sumantri mengatakan, dibutuhkan penelitian lebih mendalam soal penentuan asal patung itu.

"Dari eyeballing, terdapat bagian mencurigakan dari patung diduga arca itu, termasuk pada bagian rambut dan tanda segitiga pada bagian rambut patung, " jelas Iwan Sumantri. 

Sementara itu, tidak jauh dari lokasi penemuan patung berbentuk arca itu, terdapat makam Raja-raja Sawitto alias Raja-raja Pinrang di zaman kerajaan yang sudah berumur ratusan tahun.

Baca juga: Gali Tanah untuk Pondasi Rumah, Warga Pinrang Temukan Arca 200 Kg

 

Menurut Dosen Arkeologi Unhas Supardi, jika melihat di sekitar tempat penemuan patung diduga arca itu terdapat makam Raja-raja Kabupaten Pinrnag, mungkin bisa berkaitan.

"Dalam perspektif pelestarian, hal ini perlu ada tindak lanjut dari instansi berwenang untuk menjaga arca tersebut. Menemukan informasi yang jelas terhadap arca sehingga informasi ke masyarakat lebih jelas dan tidak bersifat spekulatif, jelas Supriadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com