Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heli MI-17 Milik TNI AD yang Hilang di Papua Ditemukan Hancur

Kompas.com - 10/02/2020, 17:35 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Helikopter MI 17 milik TNI AD yang hilang kontak sejak 28 Juni 2019 lalu akhirnya ditemukan, Senin (10/1/2020).

Heli itu ditemukan dalam kondisi hancur, di salah satu tebing di Pegunungan Mandala, Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang, pukul 09.00 WIT.

Hal ini dibenarkan Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab ketika melihat langsung puing heli tersebut, ketika melakukan pencarian heli tersebut bersama Bupati Pegunungan Bintang, Constan Oktemka, dan Danrem 172/PWY Kolonel Inf Binsar Sianipar menggunakan helikopter AS 350 B2 milik Demonim Air.

Baca juga: TNI Terus Cari Kebenaran Foto Bangkai Heli MI-17 yang Jatuh di Papua

"Betul, tadi saya melihat langsung lokasi puing dari ketinggian 12.500 feet," kata Pandam melalui keterangan tertulis dari Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi, Senin malam.

Menurut Pangdam, langkah selanjutnya yaitu melakukan koordinasi guna mempersiapkan proses evakusi, mengingat lokasi puing heli berada di tebing dengan sudut hampir 90 derajat.

"Selanjutnya kami akan fokus untuk melakukan kegiatan evakuasi terhadap korban. Evakuasi harus dipersiapkan dengan matang mengingat lokasi puing berada di tebing dengan sudut hampir 90 derajat," ujar Pangdam.

Pangdam pun menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan masyarakat Pegunungan Bintang, serta unsur TNI-Polri atas partisipasinya sebagai pemberi informasi, dan penunjuk jalan, serta memberikan dukungan sehingga heli yang jatuh telah ditemukan saat ini.

Hal ini disampaikan saat bertemu dengan aparat pemda dan tokoh masyarakat di aula Koramil Oksibil, sesaat setelah mendarat kembali di Bandara Oksibil.

"Mengingat lokasi tersebut masih dianggap sakral oleh masyarakat, kami juga mohon izin dan restu kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Distrik Oksop untuk mendukung kami dalam misi kemanusiaan, karena tentunya dalam waktu dekat kami akan melakukan kegiatan evakuasi bagi para prajurit kami yang gugur dan menjadi korban dalam kecelakaan heli tersebut," kata Pangdam.

Baca juga: Beredar Foto Bangkai Heli di Papua, Diduga Heli MI-17 Milik TNI yang Hilang

Sebelumnya, Helikopter MI 17 milik TNI AD hilang kontak sejak Jumat 28 Juni 2019 lalu sekitar pukul 11.49 WIT dalam penerbangan Oksibil, Pegunungan Bintang-Sentani, Jayapura. 

Helikopter MI 17 dengan nomor registrasi HA-5138 itu membawa 12 penumpang beserta kru sebelumnya terbang ke Okbibab untuk melakukan pengiriman logistik kepada prajurit yang bertugas di pos perbatasan RI-PNG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com