Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gemasnya Wagub Nunik, Isu Pariwisata Tak Dilirik Calon Peserta Pilkada Lampung 2020

Kompas.com - 10/02/2020, 06:20 WIB
Tri Purna Jaya,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com – Tidak adanya satupun bakal calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Lampung yang melirik sektor pariwisata membuat Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik) gemas.

Nunik mengatakan, selama beberapa waktu dia berkeliling Lampung, dia tidak melihat satu pun para bakal calon peserta Pilkada 2020 Lampung yang mencantumkan atau menjanjikan pengembangan sektor pariwisata.

“Belum ada satupun yang mencantumkan sektor pariwisata di spanduk-spanduk yang bertebaran di jalan itu,” kata Nunik usai peluncuran kalender even pariwisata tahun 2020 Provinsi Lampung di Taman Gajah Lampung, Minggu (9/2/2020) petang.

Nunik pun semakin gemas lantaran sektor pariwisata kini menjadi satu dari tiga prioritas pengembangan oleh pemerintah provinsi bersama sektor pertanian dan industri.

“Bahkan sektor pertanian pun akan dicoba diintegrasikan dengan sektor pariwisata, agrowisata. Ini yang sebenarnya dicari oleh orang-orang kota untuk refreshing,” kata Nunik.

Baca juga: Anies Baswedan Temui Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Tasikmalaya, Ini yang Dibahas

Nunik menambahkan, kebiasaan yang kerap terjadi jika menyangkut pariwisata adalah cenderung mengutamakan infrastruktur destinasi wisata tersebut, tanpa merencanakan pengembangan faktor lain untuk mendukung infratruktur itu.

Pariwisata ini butuh orang-orang yang kreatif dan punya visi dinamis. Jika hanya membangun infrastruktur tanpa ada sumberdaya manusia, bisa terbengkalai,” kata Nunik.

Nunik pun mengimbau kepada masyarakat Lampung untuk memilih calon yang kreatif dan peduli dengan pariwisata.

Diketahui Pilkada 2020 di Lampung akan dilakukan serentak yakni di Bandar Lampung, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pringsewu, Pesawaran, Kota Metro, dan Way Kanan.

Baca juga: PDI-P Tuding Ada Politik Uang yang Luar Biasa di Pilkada Lampung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com