Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Virus Corona, Harga Bawang Putih di Jatim Capai Rp 46.000 per Kilogram

Kompas.com - 06/02/2020, 17:56 WIB
Achmad Faizal,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur mencatat kenaikan signifikan harga bawang putih dari Rp 28.000 per kilogram menjadi Rp 46.000 sejak Selasa (4/2/2020).

"Kenaikan harga bawang putih sebenarnya terpantau sejak Januari 2020, namun kenaikan signifikan terjadi sejak 4 Februari yakni Rp 46.000 per kilogram," kata Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Jawa Timur, Drajat Irawan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (6/2/2020).

Baca juga: Asosiasi Pedagang Minta Pemerintah Impor Bawang Putih dari Luar China

Provinsi Jawa Timur membutuhkan 62.000 ton pasokan bawang putih dalam setahun. Untuk menutupi kebutuhan itu, pemerintah provinsi mengimpor bawah putih dari China.

"2019, Jatim impor dari China, termasuk provinsi lain di Indonesia," kata dia.

Pemprov Jatim harus memutar otak memenuhi kebutuhan bawang putih. Apalagi, pemerintah menutup impor dari China karena kasus virus corona.

Drajat akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Jawa Timur untuk menghitung potensi pasokan bawang putih lokal.

"Sentra produksi bawang putih di Jatim tersebar di sejumlah daerah seperti Banyuwangi, Bondowoso, Malang, Batu dan Probolinggo," kata Drajat.

Hingga saat ini, Pemprov Jatim belum menemukan solusi untuk menekan harga bawang putih.

Pemprov Jatim masih menunggu rapat koordinasi Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan terkait rekomendasi impor bawang putih.

Kenaikan harga bawang putih juga terjadi di sejumlah daerah lain di Indonesia. Harga bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, naik menjadi Rp 42.000 per kilogram sejak Senin (3/2/2020).

Baca juga: Wabah Virus Corona, Wishnutama Ragu Wisatawan Domestik Bisa Tutupi Kurangnya Angka Turis China ke Indonesia

Kepala Pasar Induk Kramat Jati Agus Lamun mengatakan, kenaikan harga bawang putih terjadi karena pasokan bawang putih impor dari China berkurang. Pembatasan impor bawang putih dari China diduga karena efek penyebaran virus corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com