Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Lengkap Penggerebekan PSK di Padang, Adanya Laporan hingga Anggota DPR Andre Rosiade Bantah Lakukan Penjebakan

Kompas.com - 06/02/2020, 06:05 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) mengerebek praktik prostitusi online di salah satu hotel bintang lima di Kota Padang, Minggu (26/1/2020) lalu.

Dalam pengerebekan itu, polisi berhasil mengamankan AS (24), yang diduga sebagai mucikari dan seorang wanita berinisial N (27) sebagai pekerja seks komersial (PSK).

Selain itu, polisi juga mengamanakan beberapa barang bukti berupa uang sebesar Rp 750.000, handphone milik pelaku dan satu buah alat kontrasepsi yang belum dipakai.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto membantah penggerebekan yang dilakukan pihaknya ada unsur jebakan.

Saat ini polisi telah menetapkan AS dan N sebagaui tersangka, keduanya dijerat dengan Undang-undang Nomor 19 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Ia mengatakan, penggerebekan itu dilakukan pihaknya setelah mendapat laporan dari anggota DPR RI Andre Rosiade terkait adanya praktik prostitusi online di salah satu hotel berbintang di Padang.

Sementara itu, Andre Rosiade mengatakan, penggerebekan yang dilakukan polisi tersebut berdasarkan laporan warga kepada dirinya.

Ia membantah kalau dirinya melakukan penjebakan kepada PSK itu.

Berikut ini fakta selengkapnya yang Kompas.com rangkum:

1. Adanya laporan

Ilustrasi polisiKOMPAS.com/NURSITA SARI Ilustrasi polisi

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, polisi bekerja sesuai dengan mekanismenya, karena adanya laporan dari anggota DPR RI Andre Rosiade terkait adanya praktik prostitusi online di salah satu hotel berbintang di Padang, maka dilakukan penggerebekan.

"Ada laporan, kami turun dan lakukan penggerebekan," katanya yang dihubungi Kompas.com, pada Rabu (5/2/2020). 

Penggerebekan prostitusi online itu dilakukan pada Minggu (26/1/2020).

Kegiatan itu dilakukan tim Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat bersama anggota DPR RI Andre Rosiade.

Baca juga: Penggerebekan PSK di Padang, Libatkan Anggota DPR Andre Rosiade hingga Pinjam Kamar Hotel Ajudannya

 

2. Amankan satu PSK dan Mucikari

Seorang pekerja seks komersia duduk dalam kegelapan saat  menunggu pelanggan di dekat sebuah distrik bar populer di Shanghai, China, pada 7 Juni 2003. (Reuters/Claro Cortes)Claro Cortes Seorang pekerja seks komersia duduk dalam kegelapan saat menunggu pelanggan di dekat sebuah distrik bar populer di Shanghai, China, pada 7 Juni 2003. (Reuters/Claro Cortes)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com