Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Berikan Layanan Spiritual, RSUD Kota Depok Gandeng Dompet Dhuafa

Kompas.com - 03/02/2020, 17:45 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok Devi Maryoni mengatakan, pelayanan kerohanian Islam di rumah sakit menjadi pemenuhan kebutuhan spiritual bagi pasien.

"Tak hanya itu, layanan kerohanian juga menjadi salah satu bagian dari penilaian akreditasi," kata Devi, seperti dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/2/2020).

Untuk mewujudkan itu, RSUD Kota Depok bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dalam program pelayanan rohani.

Adapun kerja sama tersebut mencakup Bimbingan Rohani Islam Pasien (BRP) dan Badan Pemulasaran Jenazah (Barzah).

Hal itu dia katakan dalam sambutannya usai menandatangani nota kesepahaman dan kegiatan pelatihan Fiqh Sakit Praktis bagi 34 tenaga kesehatan di Ruang Rapat Gedung BD RSUD Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: Dompet Dhuafa Latih Kesiapsiagaan Bencana Guru TK

Lebih lanjut Devi menjelaskan, pelayanan rohani sangat berguna para pasien dalam proses pemulihan. Terlebih lagi, bagi pasien kritis agar bisa meraih husnulkhatimah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang berkenan menjalin kerja sama dengan kami yang dilanjutkan pelatihan fiqh sakit bagi tenaga medis,” ungkapnya.

Dia pun berharap ilmu yang didapatkan bisa dipraktikkan untuk menuntun ibadah para pasien.

Sementara itu, Direktur Budaya, Dakwah dan Layanan Masyarakat (BDLM) Dompet Dhuafa Ahmad Shonhaji menuturkan, pelayanan bimbingan rohani sebagai terapi nonmedis dalam proses pemulihan pasien melalui pendekatan spiritual.

Baca juga: Kurangi Angka Kebutaan akibat Katarak, Dompet Dhuafa Selenggarakan Operasi Gratis

Dia menjelaskan, program ini bertujuan memberikan ketenangan dan kesejukan hati melalui dorongan dan motivasi untuk tetap bersabar dan bertawakal atas ujian yang dialami.

“Dengan begitu, pasien senantiasa menjalankan kewajiban sebagai umat," ungkap Ahmad.

Dia menambahkan, bimbingan tersebut merupakan bagian yang integral dari pelayanan kesehatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan bio-psycho-socio-spiritual.

“Dalam tindak lanjut pelayanan BRP, dilanjutkan dengan pelayan home care bagi pasien berkebutuhan khusus pasca menjalani perawatan di rumah sakit," tambahnya.

Baca juga: Barzah Dompet Dhuafa: Relawan Harus Siap Bersinggungan dengan Jenazah

Selain BPR, RSUD juga menjalin kerja sama dalam pelayanan pemulasaran jenazah.

“Langkah tersebut untuk mengakomodir kebutuhan mobil jenazah bagi kaum dhuafa," terang Ahmad.

Adapun BPR Dompet Dhuafa telah terlaksana sejak 2005 dan bermitra bersama sejumlah rumah sakit, di antaranya ada RSUP Fatmawati, RS PMI Bogor, RSU Kab. Tangerang, dan RSU Balaraja Tangerang.

Selain itu, ada pula RSUD Kota Bekasi, RS Jiwa Soeharto Herdjan, RSUD Pasar Minggu, serta beberapa Yayasan Rehabilitasi Gangguan Kejiwaan dan Mental di Bekasi.

Baca juga: Ini Cara Dompet Dhuafa Volunteer Peringati Hari Lingkungan Hidup 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com