Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 12 Kabupaten dan Kota di Sulsel yang Selenggarakan Pilkada Serentak pada 2020

Kompas.com - 30/01/2020, 14:29 WIB
Hendra Cipto,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Dari 24 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan, 12 di antaranya akan menggelar pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2020.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing Kabupaten/Kota tengah melakukan tahapan Pilkada.

Komisioner KPU Sulawesi Selatan, Uslimin, mengatakan kabupaten dan kota itu adalah Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Kabupaten Barru, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Toraja, Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Bulukumba, dan Kabupaten Selayar.

“12 kabupaten (dan) kota di Sulsel yang menggelar Pilkada serentak 2020 sedang melakukan tahapan rekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," kata Uslimin, Kamis (30/1/2020).

Baca juga: Semarak Pilkada Makassar 2020, Mantan Walkot Lawan 2 Adik Mentan dan Keponakan JK

"Selanjutnya di bulan Februari, untuk pendaftaran bakal calon perseorangan kepala daerah. Bakal calon Kepala Daerah yang melalui jalur partai akan dibuka pendaftaran pada bulan Juni,”sambungnya.

Saat ditanya soal Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Sulsel, kata Uslimin, bahan bakunya berasal dari pemilu terakhir. 

Jumlah itu ditambah dengan DP4 (Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu) yang baru saja diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada pekan lalu.

“DPT akan diturunkan, setelah disinkronisasi KPU RI kepada KPU kabupaten atau kota pada tanggal 23 Maret 2020 mendatang. Di sini, KPU kabupate atau kota melakukan pencocokan dan penelitian. Selanjutnya, DPT itu akan disusun ke dalam Daftar Pemilih Sementara pada tanggal 17 April 2020,” ungkapnya.

Baca juga: Sumbar Masuk 5 Provinsi Paling Rawan, Polisi Turunkan 6.000 Personel Amankan Pilkada 2020

Jika ada kabupaten/kota yang hanya mempunyai pasangan calon tunggal, lanjut Uslimin, KPU akan tetap menggelar pilkada di daerah tersebut dengan menampilkan pasangan calon tunggal melawan kotak kosong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com