Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua Mahasiswi Unesa di Wuhan Sebut Anaknya Ingin Cepat Dievakuasi

Kompas.com - 28/01/2020, 17:43 WIB
Hamzah Arfah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com – Merebaknya virus corona di Wuhan, China, membuat orangtua angkat Pramesty Ardita Cahyani merasa khawatir.

Pramesty adalah seorang mahasiswi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang kini sedang berada di kota Wuhan.

Elly Riyatin (33) warga Kecamatan Brondong, Lamongan, Jawa Timur, yang merupakan orangtua angkat Pramesty selalu rajin menanyakan kondisi anaknya di Wuhan.

“Terakhir komunikasi, Memes (Pramesty) mengatakan baik-baik saja, begitu juga rekan-rekan mahasiswa lain yang ada dalam satu asrama. Dia hanya bilang setelah virus itu merebak jadi sulit kemana-mana, harus tetap di asrama,” ujar Elly saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: Orangtua Mahasiswa Aceh yang Terisolasi di Wuhan Khawatir Bahan Makanan Habis

Meski demikian, menurut Elly, Pramesty dan rekan-rekannya mengatakan bahwa persediaan makanan mulai menyusut.

"Untung saja, ada satu toko yang sudah mulai buka, seperti yang ditayangkan di televisi itu. Jadi mereka bisa belanja,” kata Elly.

Adapun, kios tersebut berada tidak jauh dari asrama yang di tempati Pramesty bersama teman-teman mahasiswa Unesa yang sama-sama berada di Wuhan untuk menjalani program beasiswa.

"Tapi ya itu mas, (harganya) mahal, kan baru satu-satunya yang buka. Jadi misalnya makanan itu harga biasanya Rp 60.000, bisa dijual sampai Rp 200.000,” kata Elly.

Meski harganya jauh berlipat, Pramesty dan rekan-rekannya tetap membeli.

Keperluan makanan menjadi cukup mendesak, akibat stok bahan makanan yang ada di asrama juga sudah mulai menipis.

Baca juga: Cerita Mahasiswa Surabaya di Wuhan, Sempat Mengeluh Sakit Tenggorokan dan Sariawan

Pramesty Ardita Cahyani atau yang akrab disapa Memes, saat berfoto di China.handout Pramesty Ardita Cahyani atau yang akrab disapa Memes, saat berfoto di China.
Ingin cepat dievakuasi

Menurut Elly, dalam komunikasi terakhir, Pramesty sempat meminta agar pemerintah cepat melakukan evakuasi mahasiswa yang masih berada di Wuhan.

“Saya sempat kaget, karena Memes sempat menulis, dia dan rekan-rekannya ingin segera dievakuasi. Padahal, sejak pertama kali ikut saya, yang saya tahu itu dia anak yang tangguh dan tidak pernah mengeluh,” kata Elly.

Elly memperkirakan, Pramesty menuliskan hal tersebut lantaran dirinya sudah tidak kuat lagi harus menjalani kehidupan di Kota Wuhan.

Elly berharap Pemerintah Indonesia memiliki cara untuk bisa segera memulangkan para mahasiswa serta WNI yang ada di Wuhan dan sekitarnya.

Meski demikian, hingga saat ini Elly masih belum mendapat kepastian mengenai hal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com