Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Pemprov Riau Cegah Masuknya Virus Corona

Kompas.com - 27/01/2020, 20:27 WIB
Idon Tanjung,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berupaya mencegah masuknya virus corona yang berasal dari Wuhan, China.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliana Nazir mengatakan, meski virus corona belum ditemukan di wilayah Riau, namun langkah-langkah pencegahan telah dilakukan oleh dinas kesehatan.

"Untuk kasus virus corona di Riau sampai saat ini belum ada laporan dari kabupaten/kota dan sarana pelayanan kesehatan," kata Mimi kepada wartawan, Senin (27/1/2020).

Baca juga: Sultan HB X Tak Bisa Larang Turis asal China Berwisata ke DIY

Dikatakan Mimi, untuk mencegah masuknya virus dari negeri tirai bambu ke Riau, pihaknya berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) RSUD Arifin Achmad Riau, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru untuk mempersiapkan sarana, prasarana dan sumber daya manusia (SDM).

"Setiap kedatangan penumpang yang berasal dari luar negeri dilakukan pemeriksaan dengan alat pemindai suhu atau thermal scanner," kata Mimi.

Selain itu, pihaknya menyiapkan ambulans khusus untuk memobilisasi pasien suspect virus corona ke RSUD Arifin Achmad Riau di Pekanbaru.

Baca juga: Diduga Terinfeksi Virus Corona, WN China di Cilacap Diobservasi

Pasalnya, sebagai rumah sakit rujukan penyakit infeksi emerging (PIE), mempersiapkan SSM, ruang isolasi dan prasarana lainnya. 

Mimi mengimbau, masyarakat selalu waspada dan tak perlu panik terkait maraknya peredaran virus corona.

"Kami imbau masyarakat lebih meningkatkan pola hidup bersih dan sehat dengan selalu mencuci tangan secara rutin sebelum memegang hidung, mata dan mulut setelah beraktivitas," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com