Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Virus Corona, Pemprov Maluku Bentuk Tim Khusus di Rumah Sakit

Kompas.com - 27/01/2020, 18:43 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maluku menyiapkan ruang isolasi untuk merawat pasien yang terkena virus corona.

“Kita sudah siapkan satu kamar isolasi khusus untuk pasien yang terinveksi virus corona,” ujar Pelaksana tugas Direktur RSUD dr Haulussy Ambon Rita Tahitu kepada waratwan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (27/1/2020).

Rita mengatakan, di ruang isolasi itu juga disiapkan tim dokter dan juga tenaga medis yang khusus menangani pasien yang diduga tertular virus corona.

Baca juga: Cerita Mahasiswa Surabaya di Wuhan Sempat Mengeluh Sakit Tenggorokan dan Sariawan

Sementara itu, dokter dan tenaga medis tersebut juga akan dilengkapi dengan masker khusus dan baju pelindung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan menginformasikan kepada masyarakat tentang gejala dan tanda-tanda klinis pasien yang terinveksi virus mematikan itu.

Menurut dia, sosialisasi akan dilakukan melalui surat edaran kepada seluruh puskesmas di Kota Ambon.

Pengenalan itu untuk disampaikan kepada pasien-pasien yang datang berkunjung ke puskesmas maupun yang berada di luar puskesmas.

“Puskesmas juga siap apabila pasien yang datang berobat, kemudian ditemui tanda-tanda minimal ada panas, batuk dan sebagainya, tetap kita antisipasi untuk diperiksa. Apabila positif, maka akan dirujuk ke RSUD," kata Wendy.

Baca juga: Warga China yang Dirawat di Surabaya Negatif Virus Corona, Masyarakat Diminta Tak Panik

Terkait menyebarnya virus corona di sejumlah negara, Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang mengimbau warga agar tetap tenang dan tidak panik.

“Kalau ada apa-apa, kita punya prosedur dan ketetapan sudah jelas, penanganannya seperti apa, kita sudah siap semua, mudah-mudahan ini tidak terjadi," kata Kasrul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com