Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona, Bupati Konawe Utara Minta 10 Mahasiswa Kedokteran di Wuhan Dipulangkan

Kompas.com - 27/01/2020, 16:20 WIB
Kiki Andi Pati,
Khairina

Tim Redaksi

KENDARI, KOMPAS, com - Bupati Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin mendesak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Cina untuk segera memulangkan 10 mahasiswa asal daerah itu ke Indonesia.

Hal itu dilakukan bupati menyusul mewabahnya virus corona hingga  mengakibatkan puluhan korban jiwa.

Terlebih lagi, 10 mahasiswa asal kabupaten Konawe Utara menempuh perkuliahan di Fakultas Kedokteran Hubei, Kota Wuhan yang merupakan pusat titik konsterasi wabah virus mematikan itu.

"Ini sudah saya instruksikan beberapa hari yang lalu sejak melihat pemberitaan media International tentang virus di China,"  kata Ruksamin dalam rilisnya yang diterima awak media, Senin (27/1/2020).

Baca juga: Warga China yang Dirawat di Surabaya Negatif Virus Corona, Masyarakat Diminta Tak Panik

Ruksamin menegaskan, ia telah memerintahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe Utara agar segera melakukan koordinasi dengan Rektor Institute yang memfasilitasi Pemerintah Konawe Utara dengan Fakultas Kedokteran Hubei, tempat putra-putri Konawe Utara itu menimba ilmu.

"Segera berkoordinasi dengan Rektor Institute sebagai lembaga yang memfasilitasi antara Pemda dengan Universitas di China untuk  melakukan koordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia di China, agar mahasiswa dari Konawe Utara yang ada di China saat ini untuk segera dipulangkan dulu," tegas Ruksamin.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Presiden Jokowi Minta Masyarakat Tak Cemas Berlebihan

Ia berharap agar 10 orang warganya segera dipulangkan karena selain sudah ada korban jiwa, cadangan makanan menipis dan transportasi juga ditutup.

"Anak-anak mengalami trauma. Jadi intinya mereka cepat dipulangkan bagaimanapun caranya, kalo perlu langsung di KBRI," ungkap dia.

Saat ini, tambah Ruksamin, sebagian WNI sudah terisolir dan menurut informasi, setibanya di tanah air semua WNI akan diperiksa kesehatannya untuk menghindari penyebaran virus corona. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com