Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang yang Tiba di Bandara Palu Diperiksa Satu per Satu dengan Termometer Laser

Kompas.com - 27/01/2020, 14:19 WIB
Erna Dwi Lidiawati,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PALU, KOMPAS.com- Bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu, Sulawesi Tengah, ikut mengantisipasi penyebaran virus corona. Setiap penumpang yang tiba di bandara itu diperiksa suhu tubuhnya sebanyak dua kali.

Pemeriksaan pertama dengan kamera thermal scanners, kemudian dengan termometer laser yang langsung diarahkan ke penumpang satu demi satu.

“Untuk antisipasi masuknya virus ini kami menggunakan double check. Tindakan ini kami lakukan agar tidak ada yang terlewat,” kata Koordinator Wilayah Kerja Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, dr Lisda Uyakhairlika, Senin (27/01/2020).

Baca juga: Wabah Virus Corona, Hotel di Bali Diminta Tidak Kenakan Biaya Pembatalan untuk Wisatawan China

Lisda mengatakan, jika dalam proses pemeriksaan ganda itu ada penumpang yang demam atau menunjukkan gejala serupa orang terjangkit pneumonia, petugas bandara akan memeriksanya lebih lanjut.

“Jadi kami periksa dulu apakah dari daerah terjangkit atau tidak, dan kami pastikan kembali kalau misalnya ada suspect kami akan hubungi rumah sakit rujukan,” kata Lisda.

Baca juga: Ekonom: Virus Corona Tak Akan Berdampak Signifikan ke Ekonomi RI

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat Reny Lamadjido belum memastikan batas waktu dilakukannya pemeriksaan ganda itu.

“Tentunya kami menunggu langkah selanjutnya dari pemerintah, apakah pemeriksaan untuk mencegah masuknya virus corona telah berakhir atau belum, kita tunggu saja. Saya berharap mudah-mudahan virus ini tidak masuk di Sulawesi Tengah, ” kata Reny, dihubungi KOMPAS.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com