Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Cikal Bakal Angkringan di Desa Ngerangan, Klaten

Kompas.com - 24/01/2020, 17:29 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.comAngkringan atau juga biasa disebut wedangan dan Hidangan Istimewa Kampung (HIK) merupakan tempat makan murah yang banyak terdapat di Kota Solo atau Yogyakarta.

Dengan menu murah meriah seperti nasi kucing, gorengan, dan wedang jahe kisaran Rp 2.000 - Rp 4.000, angkringan kerap menjadi tempat favorit masyarakat untuk nongkrong serta bercengkerama satu sama lain.

Namun, di manakah angkringan berasal? Kompas.com pada Sabtu (18/1/2020) menelusuri tempat cikal bakal angkringan, tepatnya di Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dari Kota Klaten, Desa Ngerangan berjarak sekitar 18 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit.

Penjual angkringan pertama

Latar belakang gelar Cikal Bakal Angkringan di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Gunungkidul di sebelah selatan ternyata tak hanya dari kisah mulut ke mulut warga saja.

Kompas.com juga berkesempatan bertemu dengan salah satu penjual angkringan pertama yang masih hidup bernama Wiryo Jeman, seorang warga Dukuh Sawit, Desa Ngerangan.

Di usianya yang sudah 94 tahun, Pak Wiryo masih mengingat betul kisahnya saat berjualan angkringan di Kota Solo.

“Saya berjualan angkringan dulu di Kota Solo sekitar tahun 1943. Tetapi dulu awalnya tidak dengan wedang atau minuman, tetapi terikan,” kata Wiryo dalam bahasa Jawa krama.

Pak Wiryo, salah satu penjual angkringan pertama yang masih hidup.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pak Wiryo, salah satu penjual angkringan pertama yang masih hidup.

Terikan, imbuh dia, adalah menu tradisional dengan bahan masakan berupa tempe atau tahu.

“Tetapi terikan ternyata tidak begitu laku. Maka tiga bulan kemudian, ditambahkan wedang atau minuman. Lalu kemudian dagangan menjadi laku,” imbuh Wiryo.

Saat itu, dirinya ikut semacam juragan angkringan di Kota Solo bernama Karso Dikromo atau Karso Djukut.

Juragan angkringan itu sebelumnya merupakan tetangga Pak Wiryo yang juga warga Dusun Sawit, Desa Ngerangan. Karso terlebih dahulu merantau ke Kota Solo dan menikah dengan salah satu anak juragan terikan.

Baca juga: Pak Supadi, Saksi Hidup Perjuangan Jenderal Sudirman di Pacitan

“Zaman dulu masih jarang orang jualan karena masih sepi. Karena mencari pekerjaan sulit, ya sudah, jualan terikan juga tidak apa-apa,” kata Wiryo menceritakan awal dirinya merantau ke Solo.

Hal itu juga dikarenakan kondisi keluarga Pak Wiryo tengah susah karena sang ayah menjadi Romusha saat pendudukan Jepang.

Bentuk angkringan pertama

Jika saat ini angkringan lazim berbentuk gerobak, maka pada masa awalnya, angkringan tidak berbentuk demikian. Barang dagangan dibawa dengan cara dipikul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com