Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Diminta Kebut Proyek-proyek Nasional di Jawa Barat

Kompas.com - 23/01/2020, 22:49 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Komisi II Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati mengatakan, pihaknya akan mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk secepatnya mewujudkan visi Jawa Barat sebagai daerah penggerak industri nasional.

Salah satu bentuk dukungan yang akan dilakukan Komisi II DPRD Jawa Barat adalah bersinergi dengan pemerintah pusat agar proyek-proyek strategis nasional yang dibangun di Jawa Barat bisa lancar terwujud.

"Ini demi terwujudnya visi misi pemerintahan Jawa Barat dalam menjadikan Jawa Barat sebagai pusat penggerak industri nasional," kata Rahmat di Bandung, Kamis (23/01/2020).

Baca juga: DPRD Jabar Wacanakan Pembelian Helikopter untuk Pemprov

Rahmat menambahkan, infrastruktur strategis nasional sangat perlu untuk dikebut agar menunjang visi Jawa Barat sebagai daerah penggerak industri nasional.

Beberapa proyek nasional yang tengah dibangun di Jawa Barat di antaranya adalah pembangunan infrastruktur pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, jalur ganda kereta api Sukabumi, jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan Penambahan Runway Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Menurut Rahmat, infratruktur tersebut sangat diperlukan agar terjadi pemerataan ekonomi antara utara dan selatan Jawa Barat serta lebih mempermudah akses transportasi di Jawa Barat.

"Kalau BIJB kan sudah ada. Yang harus jadi prioritas sekarang adalah pelabuhan Patimban, jalur ganda kereta api Sukabumi dan jalan tol Bocimi," kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Guna menguatkan komitmen tersebut, Komisi II DPRD Jawa Barat telah melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Industri.

"Ini sebagai langkah persiapan Provinsi Jawa Barat menuju provinsi penggerak industri nasional," katanya.

Baca juga: Pimpinan DPRD Jabar Segera Menaiki Mobil Mewah

Dalam kunjungan kerja tersebut, Komisi II DPRD Jawa Barat diterima oleh Endang Suwartini, Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut, Endang Suwartini.

"Pembangunan proyek infrastruktur nasional di beberapa daerah Jawa Barat dapat memberikan dampak positif bagi daerah tersebut," tandas Endang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com