Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Kecelakaan Bus Maut di Subang, Polisi Bakal Panggil Pemilik PO Purnama Sari

Kompas.com - 23/01/2020, 12:09 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Polisi akan memanggil pemilik PO Medal Jaya/Po Purnama Sari.

Hal tersebut berkaitan dengan kecelakaan tunggal bus pariwisata PO Purnamasari nomor polisi E 7508 W di Jalan jurusan Bandung -Subang, Kampung Nagrok Desa Palasari, Kecamatan Ciater Kabupaten Subang pada Sabtu, 18 Januari 2020 lalu.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), bahwa bus maut itu melaju kencang dan tak sempat melakukan pengereman disebabkan fungsi sistem pengereman yang kurang baik, lantaran adanya modifikasi rem bus tersebut.

Atas kesimpulan tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi akan memanggil pemilik PO Medal Jaya/Po Purnama Sari.

Baca juga: Terungkap, Modifikasi Rem Penyebab Kecelakaan Bus yang Tewaskan 9 Orang di Subang

"Kami akan memanggil Fadli dari PO Purnamasari, melakukan pencarian kepada mekanik yang memodifikasi atau mengubah fungsi rem bus Mercedes Benz E 7508 W. Lalu menyusun kontruksi pasal yang berkaitan dengan perbuatan tersebut," ucap Eddy di Mapolda Jabar, Kamis (23/1/2020).

Setelah melakukan pemanggilan, barulah polisi akan melakukan gelar perkara untuk meningkatkan kasus itu ke penyidikan.

Sebelumnya diberitakan, bahwa bus pariwisata PO Purnamasari nomor polisi E 7508 W mengalami kecelakaan tunggal di Jalan jurusan Bandung -Subang, Kampung Nagrok Desa Palasari, Kecamatan Ciater Kabupaten Subang pada Sabtu, 18 Januari 2020, sekitar pukul 17.15 WIB.

Baca juga: Korban Tewas Kecelakaan Bus di Subang Bertambah Jadi 9 Orang

Bus wisata yang membawa 61 orang yang terdiri dari 54 orang dewasa, 5 orang anak, termasuk kernet dan sopir bus. Sebelum kecelakaan ini terjadi, bus sempat berwisata ke Tangkuban Parahu.

Kecelakaan terjadi saat bus datang dari Bandung. Di Subang kendaraan itu melaju dalam kondisi jalan menurun, ketika ada tikungan kekiri, kendaraan pun tak terkendali dan terguling ke kanan bahu jalan.

Korban meninggal dan korban luka berat, dan luka ringan dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Ciereng Subang, sebagian lagi ke Puskesmas Ciater dan Jalan Cagak.

Baca juga: Keluarga Sopir Bus Pariwisata Kecelakaan di Subang Minta Maaf ke Penumpang: Bukan Kemauan Anak Saya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com