Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Ikan Tengah Malam di Sungai Progo, Remaja 15 Tahun Hilang Terseret Arus

Kompas.com - 21/01/2020, 11:02 WIB
Dani Julius Zebua,
Khairina

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com - Seorang anak hilang sehabis menangkap ikan di Sungai Progo, Kapanewon Sentolo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (20/1/2020), pukul 23.00 WIB.

Anak bernama Hendi Arisunandar (15 tahun) hanyut terbawa arus sungai yang tidak begitu deras.

Tim gabungan SAR dari Basarnas Yogyakarta, TNI-Polri dan PMI Kulon Progo masih mencari korban sampai sekarang. 

"Semua tim masih mencari korban karena belum ketemu hingga sekarang," kata Wahyu Nugraha, Relawan PMI Kulon Progo melalui sambungan selular, Selasa (21/1/2020).

Baca juga: Sedang Main Air Banjir, Seorang Bocah Hanyut Terbawa Arus Sungai di Bekasi

Hendi pelajar sebuah SMP di Sentolo. Ia tidak sendirian ketika memancing ikan dengan cara menggogoh atau menangkap pakai tangan di Sungai Progo sekitar pukul 22.00. 

Ada tiga teman sebayanya yang juga ikut turun ke sungai untuk menggogoh ikan menjelang tengah malam itu. Mereka, Muji Mulyadi (15), pelajar STM di Sentolo, Tian Antoni (15), pelajar SMP Muhmadiyah Sentolo, dan pelajar SMA Sentoli bernama Falentinos Yofi Kurniawan (15). 

Keempatnya nekat turun ke sungai. Tetapi, aksi menangkap ikan tidak berlangsung lama. Mereka selesai kurang dari 30 menit kemudian.

Hendi terpeleset ketika hendak menepi. Teman-temannya berusaha menolong  dengan cara mengikatkan tali. Yofi sendiri berusaha menolong dengan cara berenang, tapi tidak berhasil.

Diduga kelelahan, korban tidak bertahan lantas terseret. 

"Yofi ini niatnya mau menolong tapi tidak bisa berenang. Akibatnya dia terdampar di batu dan bertahan sampai dievakuasi," kata Wahyu.

Baca juga: Hujan Deras, 8 Desa di Bogor Banjir, 1 Orang Hilang Terbawa Arus

Yofi terdampar lama di batu di tengah sungai. Dua temannya mencari bantuan.

Wahyu menceritakan, PMI menerima laporan pada pukul 23.20. Yofi baru bisa dievakuasi oleh Basarnas yang tiba sambil membawa peralatan water rescue. Mereka berhasil menyelamatkan Yofi pukul 01.30. 

"Korban mengalami syok dan kedinginan karena terlalu lama berada di atas bebatuan di tengah Sungai Progo yang arusnya cukup deras. Korban setelah dievakuasi dibawa ke tepi sungai yang aman untuk mendapat perawatan medis dari PMI Kulon Progo," kata Wahyu.

Wahyu mengungkapkan, tim SAR gabungan masih mencari Hendi yang hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com