Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan yang Ditemukan Warga Saat Gali Septic Tank Adalah Kaki Candi, Ini Buktinya

Kompas.com - 20/01/2020, 16:40 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Bangunan yang ditemukan warga di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, diduga kuat adalah fondasi sebuah candi.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelolaan Obyek Wisata Dieng Aryadi Darwanto.

"Struktur tersebut kemungkinan bagian kaki candi, dilihat dari susunan batu ada sembilan. Ada cerat yoni, potongan yoni. Jadi merujuk ke bangunan candi," jelas Aryadi, Senin (20/1/2020).

Baca juga: Gali Septic Tank, Warga Temukan Struktur Bangunan Diduga Candi di Dieng

Sementara itu, Juru Pelihara Unit Dieng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah Tusar, mengatakan, pihaknya sudah melaporkan penemuan tersebut ke BPCB Jawa Tengah.

"Kami sudah melaporkan ke kantor BPCB Jawa Tengah. Untuk langkah selanjutnya, kami masih menunggu instruksi dari kantor," kata Tusar.

Berawal dari penggalian septic tank

Aryadi mengatakan, struktur bangunan tersebut ditemukan terkubur di lahan milik warga dengan kedalaman sekitar 50 sentimeter dari permukaan tanah.

Saat itu, warga hendak menggali untuk membuat septic tank di lahan tersebut. struktur bangunan tersebut lokasinya berada di lahan warga yang berjarak sekitar 50 meter dari Museum Kailasa, Dieng.

"Awal penemuannya itu kan di lahan milik Mas Alif Faozy pada 17 Januari. Dia rencana mau bikin septic tank, ditemukan struktur bangunan, kedalaman galian hampir 2 meter. Kalau struktur bangunan sekitar 50 sentimeter dari permukaan," kata Aryadi saat dihubungi, Senin (20/1/2020).

(Penulis: Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain | Editor: David Oliver Purba)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com