Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gali Septic Tank, Warga Temukan Struktur Bangunan Diduga Candi di Dieng

Kompas.com - 20/01/2020, 15:23 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Warga menemukan struktur bangunan yang diduga candi di kawasan dataran tinggi Dieng, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelolaan Obyek Wisata Dieng Aryadi Darwanto mengatakan, struktur bangunan tersebut ditemukan terkubur di lahan milik warga dengan kedalaman sekitar 50 sentimeter dari permukaan tanah.

"Awal penemuannya itu kan di lahan milik Mas Alif Faozy pada 17 Januari. Dia rencana mau bikin septic tank, ditemukan struktur bangunan, kedalaman galian hampir 2 meter. Kalau struktur bangunan sekitar 50 sentimeter dari permukaan," kata Aryadi saat dihubungi, Senin (20/1/2020).

Baca juga: 2.000 Peserta Meriahkan Borobudur Fun Run di Candi Pawon

Temuan tersebut lantas dilaporkan ke petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

Rencananya dalam waktu dekat tim dari BPCB akan mengecek ke lokasi.

"Struktur tersebut kemungkinan bagian kaki candi, dilihat dari susunan batu ada sembilan. Ada cerat yoni, potongan yoni. Jadi merujuk ke bangunan candi," jelas Aryadi.

Juru Pelihara Unit Dieng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah Tusar mengatakan, struktur bangunan tersebut lokasinya berada di lahan warga yang berjarak sekitar 50 meter dari Museum Kailasa, Dieng.

Baca juga: Hujan Deras, Jalur ke Candi Gedongsongo Semarang Longsor

"Kami sudah melaporkan ke kantor BPCB Jawa Tengah. Untuk langkah selanjutnya, kami masih menunggu instruksi dari kantor," kata Tusar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com