Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Bus Pariwisata Tewaskan 8 Orang, Korban Selamat: Sopir Sempat Ketok-ketok Ban

Kompas.com - 19/01/2020, 11:30 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Kecelakaan tunggal bus parisiwata PO Purnamasari bernomor polisi E 7508 W di wilayah Subang, menewaskan 8 orang penumpang dan belasan lainnya luka-luka. 

Menurut Muniroh, salah satu korban selamat, sopir dan kernet bus sempat memeriksa kondisi ban sebelum terjadi kecelakaan di Sabtu (18/1/2020) sekitar pukul 17.35 WIB.

"Dia (kru bus) berhenti sebentar di pinggir, dia ngecek ban kayaknya, sopir liat dari kaca spion, saya lihat dari kaca spion, dia megang ban dan ketok-ketok ban," kata Muniroh, salah satu korban selamat, seperti dikutip dari KompasTV.

Baca juga: Korban Tewas Kecelakaan Bus di Subang Bertambah Jadi 8 Orang

Sementara itu, berdasar keterangan dari Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga, jumlah korban tewas sementara adalah 8 orang.

Untuk korban luka berat tercatat 5 orang dan 15 penumpang alami luka ringan.

"Info sementara korban meninggal 8 orang, luka berat 5 orang," kata Erlangga.

Kronologi kecelakaan

Bus pariwisata PO Purnamasari nomor polisi E 7508 W yang mengalami kecelakaan tunggal di jalan turunan Kampung Nagrog Desa Palasari Kecamatan Ciater, Subang, Sabtu (18/1/2020) sekitar pukul 17.35 WIB. Kecelakaan ini menyebabkan 8 orang meninggal, 10 orang luka berat dan 20 orang luka ringan.Dok Humas Polda Jabar Bus pariwisata PO Purnamasari nomor polisi E 7508 W yang mengalami kecelakaan tunggal di jalan turunan Kampung Nagrog Desa Palasari Kecamatan Ciater, Subang, Sabtu (18/1/2020) sekitar pukul 17.35 WIB. Kecelakaan ini menyebabkan 8 orang meninggal, 10 orang luka berat dan 20 orang luka ringan.

Seperti diberitakan sebelumnya, bus pariwisata tersebut mengangkut 58 penumpang wisatawan asal Depok usai berpariwisata di Tangkuban Parahu.

Saat melewati turunan di Kampung Nagrog Desa Palasari Kecamatan Ciater, Subang, bus terguling.

"Kendaraan datang dari Bandung, menuju Subang, di saat kondisi menurun ada tikungan ke kiri, kendaraan tak terkendali dan terguling ke kanan ke bahu jalan," tutur Erlangga.

Setelah itu, petugas segera datang ke lokasi untuk mengevakuasi para korban ke Rumah Sakit Umum Daerah Ciereng Subang dan puskesmas terdekat. 

"Untuk luka ringan dibawa ke Puskesmas Palasari," tuturnya

(Penulis: Kontributor Bandung, Agie Permadi | Editor: Farid Assifa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com