Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Golkar Sumut Gelar Fit and Proper Test Calon Kepala Daerah

Kompas.com - 17/01/2020, 23:40 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - DPD Partai Golkar Sumatera Utara menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada 171 bakal calon kepala daerah.

Mulai besok, Sabtu (18/1/2020) sampai Selasa (21/1/2020), Tim Pilkada Partai Golkar Sumatera Utara akan melakukan fit and profer test kepada 171 bakal calon bupati dan wakil bupati juga wali kota dan wakil wali kota yang mendaftar.

Kegiatan yang berlangsung di kantor DPD Partai Golkar Sumut di Jalan Wahid Hasyim, Kota Medan bakal digelar tanggal 18-21 Januari 2020 mulai pukul 08.30 sampai 17.00 WIB.

"Hasil fit and profer test akan dikombinasikan dengan hasil survei yang akan dilaksanakan mulai awal Februari 2020. Kita bekerjasama dengan Fisip USU," kata Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut Amas Muda Siregar didampingi Sekretaris Tim Pilkada Partai Golkar Sumut Sangkot Sirait kepada Kompas.com di kantor DPD Partai Golkar Sumut, Jumat (17/1/2020) petang.

Baca juga: Tim 9 Partai Golkar Ungkit Keluarga Airlangga dalam Struktur Pengurus

Sementara itu, Sekretaris Tim Pilkada Partai Golkar Sumut Sangkot Sirait mengatakan, dari 171, terdapat 10 nama yang bakal menjalani tes tersebut yakni Pelaksana Tugas Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga, menantu Presiden Jokowi, Muhammad Bobby Arif Nasution, Maruli Siahaan, Sakhyan Asmara, Syaiful Azhar, Rolel Harahap, Muchrid Nasution, Rusdi Sinuraya, dan HM Syafii.

Bakal calon kepala daerah, kata dia, akan diwawancarai oleh Pelaksana Tugas Ketua DPD Partai Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Hanafiah Harahap dari DPD Partai Golkar Sumut, dan Muryanto Amin dari FISIP USU.

Baca juga: Kepengurusan DPP Partai Golkar Dinilai Tak Cerminkan Komitmen Rekonsiliasi

Sebagai moderator dan penanggungjawab yakni Samsir Pohan, Mahyaruddin Salim, Samyul Qamar, Ramli Arianto, dan Agung Satria Sitepu. 

"Tim akan memutuskan tiga nama yang akan diputuskan lagi melalui rapat pleno. Kemudian DPD Partai Golkar Sumut akan menyerahkan kepada tim pilkada pusat di Jakarta untuk menetapkan satu nama calon kepala daerah yang akan diusung Partai Golkar pada Pilkada nanti," pungkas Sangkot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com