Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI dan Kapolri Ingatkan Prajurit Netral Hadapi Pilkada Serentak

Kompas.com - 17/01/2020, 15:47 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz mengingatkan seluruh prajurit TNI dan Polri untuk tetap netral dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2020.

Hal itu disampaikan Panglima dan Kapolri saat memberikan pengarahan kepada ribuan prajurit TNI dan Polri, di Markas Komando Lantamal IX Ambon, Jumat (17/1/2020).

"Menghadai Pilkada serentak 2020, TNI Polri harus tetap harus netral dalam pelaksanaan kegiatan ini,” kata Hadi.

Baca juga: Jelang Pilkada Serentak 2020, Ridwan Kamil Ajak Warga Jabar Perangi Hoaks

Dia mengungkapkan, berkat sinergitas TNI Polri pelaksanaan Pilkada serentak 2018, Pileg dan Pilpres 2019 telah berhasil dilalui dengan baik.

Karena itu, penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 nanti juga harus berlangsung aman dan lancar.

“Pilkada serentak 2018 berjalan sukses, Pileg dan Pilpres hingga pelantikan juga berjalan aman dan sukses tanpa gangguan apapun, kita harus sukseskan kegiatan demokrasi tersebut dan TNI Polri akan bersatu padu menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkap dia.

Selain Pilkada serentak 2020, Hadi juga menekankan agar TNI Polri dapat menyukseskan agenda nasional lainnya yakni pelaksanaan PON 2020 di Papua.

“Tahun 2020 kita juga akan laksanakan PON 2020 di Papua, khususnya di Mimika dan Sentani, hal yang sama kita juga harus menyukseskan kegiatan ini dengan baik, oleh karena itu, kita masih waktu yang panjang untuk merencanakan kegiatan ini,” ungkap dia.

Kapolri Jenderal Idhal Aziz mengatakan, tahun 2020 TNI Polri akan menghadapi tantangan menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak.

Karena itu, ia meminta seluruh prajurit TNI Polri agar tetap berlaku netral dan tidak berpihak dalam hajatan politik tersebut.

Baca juga: Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Jabar Petakan 4 Potensi Pelanggaran

“Mengahdapi Pilkada pesan saya selaku pimpinan Polri kepada rekan-rekan sekalian, pegang teguh sinergitas tidak boleh ke kiri tidak boleh ke kanan,” ujar dia.

Kapolri menyatakan, tugas aparat kepolisian adalah menjamin stabilitas kemaanan agar pesta demokrasi dapat berjalan aman dan lancar.

“Tetapi ikuti saja tugas yang telah diberikan oleh pimpinanmu, komandanmu, Insya Allah nanti pelaksanaan Pilkada di Ambon ini akan berjalan dengan baik,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com