Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dramatis, Evakuasi Pemancing Terseret Ombak, Jasad Ditemukan di Goa Tepi Laut

Kompas.com - 17/01/2020, 10:17 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

 

KEBUMEN, KOMPAS.com - Seorang pemuda yang dilaporkan hilang terseret ombak saat sedang memancing di Pantai Goa Lawa, Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, ditemukan tewas.

Korban atas nama Dariman (31), warga Desa Banjarharjo, Kecamatan Ayah, Kebumen ditemukan Kamis (16/1/2020) petang di dalam goa.

Namun, karena sulitnya medan, jasad korban baru dapat dievakuasi Jumat (17/1/2020) pagi.

Baca juga: Wisatawan Asal Bogor Tewas Setelah Terseret Ombak Laut Selatan di Sukabumi

Kepala Subseksi Operasi dan Siaga Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Cilacap Mulwahyono mengatakan, evakuasi korban menemui kendala karena kedalaman tebing mencapai 150 meter dan banyak karang di tepi laut.

"Proses evakuasi korban selama tiga jam di mulai pukul 05.30 WIB dengan cara lifting (naik menggunakan tali ) dan lowering (turun menggunakan tali). Saat naik korban didampingi satu rescuer," kata Mul saat dihubungi, Jumat.

Mul mengatakan, akses turun ke lokasi penemuan jasad harus menggunakan tali pengaman. Pengangkatan jenazah harus didampingi rescuer untuk membuka jalan saat penarikan jenazah.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Brawijaya Hilang Terseret Ombak di Pantai Watu Leter

Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengatakan, peristiwa tersebut bermula saat korban bersama rekannya, Wahyudi (36) memancing di atas batu karang, Rabu (15/1/2020).

"Korban bersama temannya sedang memancing di batu karang, tiba-tiba ada ombak besar. Keduanya jatuh ke laut, namun satu temannya berhasil menyelamatkan diri. Kejadian sekitar pukul 14.45 WIB," ujar Tugiman.

Melihat Dariman alias Supriyadi tidak bisa menepi, kata Tugiman, Wahyudi berinisiatif mencari tali atau pelampung. Namun saat kembali ke lokasi, korban sudah tidak terlihat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com