Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Surabaya Resmi Terapkan Sistem Tilang Elektronik

Kompas.com - 16/01/2020, 14:14 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kota Surabaya resmi menerapkan program electronic traffic law enforcement (e-TLE) atau tilang elektronik terhitung mulai, Kamis (16/1/2020).

Peresmian itu dilakukan langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda Jatim.

Pada kesempatan itu, Risma memastikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah sangat siap menerapkan sistem e-tilang ini.

Ia memastikan, setiap 15 meter ada kamera di seluruh wilayah Kota Surabaya.

Baca juga: Risma Pamer Keunggulan Kamera CCTV yang Tersebar di Surabaya

"Kelebihannya, kecepatannya 400 kilometer per jam bisa menangkap siapa yang mengemudikannya. Untuk kamera keamanan, kecepatan 80 kilometer per jam. Di dalam mobil bukan hanya wajah, gerak-gerik juga terdeteksi, dan terkoneksi dengan data kependudukan seluruh Indonesia," kata Risma.

Menurut Risma, sebenarnya penerapan e-TLE ini berawal dari kekhawatirannya karena dulu ada 10 kecelakaan lebih setiap harinya di Kota Surabaya.

Bahkan, setiap dua hari sekali, ada yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas.

"Di samping itu, tahun lalu ada penculikan anak di sekolah sebanyak tiga kali, makanya seluruh bangunan gedung di Kota Surabaya dipasangi CCTV. Semuanya itu bisa terkoneksi ke seluruh kamera kami,” ujar Risma.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menambahkan, penerapan e-tilang ini dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Timur.

Ia yakin penerapan e-TLE di suatu daerah akan menciptakan budaya tertib berlalu lintas bagi masyarakatnya.

Apalagi, CCTV yang digunakan juga mampu merekam berbagai tindakan kejahatan jalan.

"Jadi, manfaatnya banyak untuk mencegah kejahatan juga bisa. Masyarakat akan lebih hati-hati dengan penerapan e-TLE," kata Luki.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengapresiasi penerapan e-TLE ini di Jawa Timur, khususnya di Kota Surabaya.

Secara khusus, dia menyampaikan apresiasinya kepada Kapolda Jatim, Wali Kota Surabaya, Forpimda dan masyarakat yang mendukung program ini.

"Surabaya memiliki prestasi yang diakui nasional maupun internasional, sehingga e-TLE ini akan melengkapi itu semua,” kata Istiono.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com