Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Hujan Deras Disertai Petir dan Angin Kencang di Jawa Timur 3 Hari ke Depan

Kompas.com - 16/01/2020, 13:11 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jawa Timur dalam tiga hari ke depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, pada Januari ini, untuk wilayah Jawa Timur, secara umum sudah mendekati puncak musim hujan.

"Bulan Januari ini bisa dikatakan puncak musim hujan. Rata-ratanya, Surabaya ataupun Jatim puncak musim hujan ada di sekitaran akhir Januari hingga awal Maret. Tapi, setiap wilayah, kondisi puncak musim hujan tidak bersamaan," kata Teguh, saat dihubungi, Kamis (16/1/2020).

Baca juga: Banjir, Longsor hingga Angin Kencang Melanda Manggarai Timur

Ia menyebutkan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi terjadi mulai hari ini atau pada 16-18 Januari 2020.

Adapun wilayah yang akan diterpa hujan deras dan angin adalah, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Magetan, Pasuruan, Probolinggo dan Situbondo.

Di luar itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga akan turun di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Tuban, Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Pamekasan dan Sumenep.

Teguh menuturkan, sesuai peringatan dini yang informasikan BMKG, beberapa wilayah yang disebutkan potensi terjadinya hujan deras berada di atas 60-70 persen.

"Ya, pemantauan harian ini kami melihat beberapa wilayah yang benar-benar indikator potensinya terjadi di atas 60-70 persen," ujar dia.

Ia mengimbau masyarakat agar betul-betul memperhatikan peringatan dini adanya hujan deras disertai angin kencang untuk diwaspadai bersama.

"Karena potensi itu (hujan deras) masih ada ya kalau kami lihat. Kalau kami lihat memang saat ini, saya rasa kalau di Jawa Timur ya, satu sampai dua hari ke depan masih berpotensi hujan deras dan angin kencang," imbuh Teguh.

Pada Rabu (15/1/2020) sore hingga malam hari kemarin, hujan deras membanjiri sejumlah wilayah di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pantauan Kompas.com, sejumlah jalan protokol yang terendam banjir berada di Jalan Mayjen Sungkono Jalan Adiryawarman, Jalan Hayamwuruk, dan Jalan Indragiri.

Baca juga: Angin Kencang Robohkan Pemancar Radio di Kupang

Bahkan, pada sore hari, air yang menggenangi Jalan Mayjen Sungkono mencapai 1 meter.

Sejumlah mobil dan sepeda motor yang terparkir di sejumlah tempat parkir di Jalan Mayjen Sungkono terlihat terendam.

Sepeda motor mogok karena pengendara menerobos jalan yang digenangi air.

Meski demikian, genangan air sudah surut pada pukul 20.00 dan tidak sampai menggenangi permukiman warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com