Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Motor Trail, Dandim Cianjur Sisir Rumah Warga Tak Layak Huni

Kompas.com - 15/01/2020, 08:30 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Mengendarai motor trail, Dandim 0608/Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani menyisir perkampungan di wilayah Desa Mekarmulya, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (14/1/2020).

Untuk menjangkau lokasi tujuan, Rendra dan jajarannya harus menempuh jalur yang cukup ekstrem, dengan kontur jalan setapak bebatuan.

Baca juga: BPBD: 10 Titik Rawan Bencana di Cianjur Selatan Berpotensi Tsunami hingga Pergerakan Tanah

Salah satu sasaran yang dituju adalah sejumlah rumah warga yang tidak layak huni (rutilahu).

“Nantinya rumah-rumah ini diperbaiki dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 107 di wilayah ini,” kata Rendra seperti dikutip dari rilis tertulis, Rabu (15/01/2020).

Baca juga: Sepekan Terakhir, BPBD Catat 9 Kali Bencana di Cianjur

Betonisasi jalan hingga bangun kakus umum

Dandim 0608/Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani meninjau rumah tidak layak huni di wilayah Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur, Selasa (14/01/2020). Rumah tersebut ditinjau untuk diperbaiki dalam program TMMD 2020Dok: Kodim 0608/Cianjur Dandim 0608/Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani meninjau rumah tidak layak huni di wilayah Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur, Selasa (14/01/2020). Rumah tersebut ditinjau untuk diperbaiki dalam program TMMD 2020
Selain akan memperbaiki lima unit rutilahu, jajarannya juga akan melakukan betonisasi jalan sepanjang 2 kilometer, termasuk perbaikan sarana ibadah, drainase, gorong-gorong dan kakus umum.

“Intinya, semua fasilitas umum yang kondisinya tidak layak di sini akan diperbaiki, sebagai bentuk komitmen TNI membangun masyarakat pedesaan,” kata Rendra. 

Baca juga: Tebing Tanjakan Mala di Ruas Lintas Selatan Cianjur Longsor

Nantinya, pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan selama 21 hari ke depan, melibatkan prajurit TNI sebanyak 150 orang dan perangkat terkait lainnya.

“Termasuk juga tentunya pelibatan masyarakat setempat. Kita juga akan koordinasi dengan komando atas, karena program ini juga melibatkan beberapa unsur TNI, Udara dan Laut," ujarnya.

Baca juga: Tak Cuma Penanggulangan Kemisikinan, TMMD Diharapkan Bisa Tangkal Hoax 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com