Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komplotan Maling Beraksi, Mesin ATM Dibawa Kabur Pakai Avanza

Kompas.com - 13/01/2020, 16:10 WIB
Muhlis Al Alawi,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com - Mesin Anjungan tunai mandiri (ATM) milik BMD Syariah Cabang Karang Malang, Jalan Surabaya-Madiun, Desa Sumberbening, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dibobol, Senin (13/1/2020). 

Baca juga: Berkat Twitter, Remaja Ini Akhirnya Tahu Miliki 2 Saudara Kembar, Dirahasiakan 16 Tahun

Komplotan pencuri membawa kabur mesin ATM sekaligus uang tunai yang ada di dalamnya. Berdasarkan rekaman CCTV, aksi mereka berlangsung selama setengah jam.

"Sekitar setengah jam para pelaku berhasil membawa mesin ATM dengan cara merusak baut pengancing di bawah mesin dan membawa mesin ATM menggunakan kendaraan roda empat. Mesin ATM tersebut berisi uang Rp 41,4 juta," kata Kapolsek Balerejo AKP Suyanto saat ditemui di lokasi, Senin siang.

Baca juga: Lagi, 3 Kapal Perang Indonesia Usir Kapal China Keluar dari Natuna

Suyanto mengatakan,kasus hilangnya mesin ATM diketahui saat petugas melakukan patroli di wilayah Polsek Balerejo. Setibanya di tempat kejadian perkara, petugas melihat pintu ruang mesin ATM terbuka. 

Petugas juga melihat mesin ATM di dalam ruangan sudah tidak ada. Selain itu, terlihat banyak kabel-kabel bercecer di depan mesin ATM BMD Syariah. 

Baca juga: Hakim PN Medan Dibunuh Istrinya, Anak Sulung: Sudah Curiga, Kok Bunda Omongannya Gitu

Berdasarkan hasil rekaman CCTV, lanjut Suyanto, pelaku yang mengendarai mobil Avanza datang sekitar pukul 03.08 WIB. Sekitar 20 menit kemudian, komplotan pelaku mulai melancarkan aksinya. 

"Sekitar pukul 03.30 pelaku datang lagi, mengambil mesin ATM. Dan sekitar pukul 04.00 komplotan pencuri ATM itu pergi," tutur Suyanto. 

Di TKP, polisi menemukan sejumlah barang bukti serta barang yang diduga milik pelaku. Polisi menemukan jam tangan, potongan kabel, dan gembok. Polisi masih menyelidiki dan memburu para pelakunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com