Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Salah Stempel SK Pejabat Nias Barat, Bupati Nias Selatan: Kayaknya Mereka Asal Bikin Stempel Saja

Kompas.com - 09/01/2020, 06:23 WIB
Hendrik Yanto Halawa,
Farid Assifa

Tim Redaksi

NIAS SELATAN, KOMPAS.com - Terkait kesalahan setempel SK pejabat Nias Barat yang baru dilantik, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha telah memerintahkan Badan Kepegawaian Nias Selatan untuk memeriksa stempel asli.

Hilarius menegaskan bahwa saat ini stempel asli masih berada di Nias Selatan.

"Kami telah memerintahkan kepala BKD untuk mencari stempel (Nias Selatan di SK pejabat Nias Barat) dari mana," kata Hilarius Duha kepada Kompas.com, Rabu (8/1/2020).

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan tidak pernah memberikan stempel kepada Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

"Kayaknya mereka main stempel-stempel saja, asal bikin stempel saja," ucapnya.

Baca juga: Disoal, SK Pelantikan Pejabat Nias Barat Diberi Stempel Nias Selatan

Hilarius berharap peristiwa serupa tidak terjadi di Nias Selatan. Badan Kepegawaian Daerah diimbau berhati-hati dalam menerapkan stempel. Sebab, jika terjadi kesalahan serupa, sanksi tegas menanti bagi pelakunya.

Terkait permintaan maaf dari Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Hilarius menyatakan pihaknya selalu menerima setiap maaf dari siapa pun.

"Sebab kita semua tidak luput dari sebuah kesalahan. Namun kita semua harus selalu berhati-hati dan teliti, dan ini selalu saya sampaikan kepada seluruh pegawai katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Nias Barat Faigizatulo Halawa mengakui telah terjadi kesalahan pencantuman stempel pada petikan Surat Keputusan (SK) Bupati Nias Barat bernomor 820-2, tertanggal 2 Januari 2020 tentang pemberhentian dan pelantikan 94 ASN dalam jabatan baru.

"Kami mengakui adanya kesalahan stempel yang tertera pada Surat Keputusan Bupati Nias Barat," kata Faigizatulo di kantornya, Rabu (8/1/2020).

Ia mengatakan, kesalahan stempel itu murni karena khilaf dan lalai, bukan disengaja.

Baca juga: Soal Kolam Renang Ridwan Kamil, Pengamat: DPRD Jabar Jangan Hanya Jadi Tukang Stempel

 

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Nias Barat meminta maaf kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dan kepada pihak-pihak yang berkaitan masalah itu.

"Kami sudah meminta maaf kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan," ujarnya.

Selanjutnya, Faigizatulo mengatakan, Bupati Nias Barat akan menindak tegas pegawai yang salah memberi stempel itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com