Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Kargo Perintis Terbang Perdana, Layani Daerah Terpencil di Luwu Utara

Kompas.com - 08/01/2020, 17:05 WIB
Amran Amir,
Khairina

Tim Redaksi

 

LUWU UTARA, KOMPAS.com – Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Andi Djemma Masamba, Luwu Utara mulai mengoperasikan penerbangan perdana pesawat kargo perintis, Rabu (8/1/2020).

Penerbangan perdana ini menggunakan pesawat Susi Air.

Pesawat mengangkut barang dan bahan kebutuhan pokok masyarakat di daerah atau wilayah pegunungan yang akses jalan daratnya belum memadai, seperti Kecamatan Seko dan Rampi.

Pesawat kargo mengudara pagi pukul 09.00 Wita dengan rute penerbangan Masamba–Seko dan Masamba–Rampi.

Baca juga: Pesawat Perintis yang Hilang Kontak di Papua Angkut 4 Orang dan 1,7 Ton Beras

Beroperasinya pesawat kargo ini disyukuri Pemerintah Kabupaten Luwu Utara karena bisa melayani warga di pedalaman.

“Alhamdulillah, kami bersyukur atas penerbangan pesawat kargo untuk melayani masyarakat. Semoga dengan kehadirannya bisa bermanfaat bagi masyarakat kami di Seko dan Rampi, karena dengan beroperaasinya pesawat kargo ini akan mendorong terbukanya kantong-kantong produksi di Kecamatan Seko dan Rampi, ” kata Sekda Luwu Utara Armiady, saat dikonfirmasi, Rabu (8/1/2020).

Kepala UPBU Andi Djemma, Muh. Sabu, menyebutkan, penerbangan perdana pesawat kargo 2020 dilakukan di awal Januari guna merespon apa yang ditekankan Presiden Jokowi yang menginginkan semua kegiatan perhubungan udara dilakukan secara cepat.

“Alhamdulillah, tahun ini kami lebih cepat beroperasi dibanding tahun-tahun sebelumnya, semoga seterusnya berjalan lancar,” ucap Sabu.

Baca juga: Lampu Runway Bandara Hang Nadim Mati, Pesawat Tujuan Batam Mendarat di Pekanbaru

Diketahui, saat ini pembangunan akses jalan ke Kecamatan Seko baru saja dilakukan pengerjaannya yakni perintisan dan pelebaran jalan, sementara pengkerikilan akan dikerjakan tahun ini dan pengaspalan akan rampung pada tahun 2021 mendatang. 

“Tahun ini pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan anggaran Rp 100 miliar khusus utuk jalan, APBN sebanyak Rp 38 miliar,” ujar Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat dikonfirmasi Rabu (1/1/2020) lalu di Seko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com