Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Garut Amankan Vespa yang Dimodifikasi Mirip Formula 1

Kompas.com - 08/01/2020, 08:09 WIB
Ari Maulana Karang,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com – Sebuah motor vespa yang dimodifikasi hingga mirip tampilan mobil Formula 1 (F1) diamankan jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Garut.

Mobil F1 rakitan itu diamankan oleh polisi saat melakukan pengamanan malam tahun baru 2020 lalu.

“Dilakukan penindakan saat pengamanan tahun baru di Bundaran Suci,” jelas Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Garut Iptu Erwin Hermawan, saat ditemui Selasa (7/01/2020) di Mapolres Garut.

Baca juga: Lapan Apresiasi Warga yang Membuat Helikopter di Sukabumi

Menurut Erwin, spesifikasi Vespa tersebut tidak sesuai dengan pabrikan dan melanggar Pasal 228 ayat 1 dan Pasal 71 ayat 1 UU sehingga langsung diamankan. Apalagi, surat-surat kendaraan juga tidak lengkap.

“Karena kalau dilihat pendek seperti itu, keselamatannya kurang, bisa dibayangkan kalau ada pengemudi truk tidak melihat kendaraan itu,” katanya.

Selain itu, motor itu melanggar pasal 50 ayat 1 dan pasal 71 ayat 1 Undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kanit Regiden Satlantas Polres Garut, Iptu Bagus Yudho di tempat yang sama, menuturkan, motor tersebut bisa saja diambil kembali oleh pemiliknya, dengan syarat sang pemilik harus bisa menunjukan surat-surat resmi dan mengembalikan kendaraannya pada bentuk asli.

“Kalau mau seperti itu, harus Rubentina (rubah bentuk ganti warna) dulu, itu pun tidak mudah, harus ada keterangan dari bengkel baru dimasukan ke BPKB. Tapi nanti juga tidak sesuai dengan fakturnya, karena ini kendaraan roda dua (jadi roda empat),” katanya.

Baca juga: Bosan Lihat Kemacetan, Buruh Bengkel Ini Merakit Helikopter Sendiri

Motor modifikasi Vespa F1 yang diamankan Satlantas Polres Garut sendiri sempat mengundang perhatian warga media sosial Garut setelah foto motor tersebut diunggah lewat akun Instagram @satlantaspolresgarut.

Foto tersebut ditambahi keterangan, “Penindakan pelanggaran terhadap kendaraan yang tidak layak. Mungkin masih rekanan dengan M Schumacher...”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com