Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abrasi Pantai Galesong. Sulsel, Puluhan Rumah dan Kuburan Hilang

Kompas.com - 07/01/2020, 15:06 WIB
Hendra Cipto,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

TAKALAR, KOMPAS.com – Sepanjang pesisir Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan mengalami abrasi beberapa tahun terakhir.

Akibatnya, puluhan rumah warga dan kuburan di tiga lokasi di tempat pemakaman umum (TPU) hilang tersapu ombak laut.

Untuk mencegah meluasnya abrasi di pesisir Pantai Galesong, warga mengumpulkan karun berisi batu dan pasir sebagai tanggul penahan ombak.

Abrasi yang dialami warga di pesisir Kabupaten Takalar ini sudah beberapa tahun terakhir terjadi, setelah adanya penyedotan pasir di laut untuk reklamasi di Pantai Losari Makassar.

“Abrasi ini terjadi, setelah ada kapal-kapal penyedot pasir di tengah laut di Perairan Galesong. Pasir-pasir yang disedot itu kemudian dibawa ke Kota Makassar untuk melakukan reklamasi di Center Point of Indonesia (CPI) di kawasan Pantai Losari,” kata warga pesisir pantai, Idris, Selasa (7/1/2019).

Baca juga: Satu Kampung di Karawang Terancam Hilang akibat Abrasi Laut

Idris menuturkan, warga pesisir Pantai Galesong yang rata-rata nelayan ini sudah berkali-kali melakukan aksi demonstrasi di CPI agar penyedotan pasir dihentikan.

Puluhan kuburan di tiga kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di pesisir Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan hilang akibat abrasi.KOMPAS.COM/HENDRA CIPTO Puluhan kuburan di tiga kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di pesisir Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan hilang akibat abrasi.
Namun tidak pernah digubris. Hingga akhirnya abrasi mulai terjadi beberapa tahun terakhir dan ombak laut nyaris menyapu rumah warga. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com