Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Hujan Disertai Angin Kencang di Jateng Bagian Barat dan Selatan

Kompas.com - 07/01/2020, 09:44 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Dalam beberapa hari ke depan, masyarakat di wilayah Jawa Tengah (Jateng) bagian barat dan selatan diminta mewaspadai potensi hujan lebat yang disertai dengan angin kencang.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, beberapa wilayah berpotensi menerima curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Selasa hingga Kamis pekan ini.

Teguh mengatakan, berdasarkan informasi BMKG Ahmad Yani, untuk pada Selasa, wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat antara lain, Brebes bagian selatan, Tegal bagian selatan, Cilacap bagian utara, Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara.

Baca juga: Hujan Deras, Sebagian Wilayah di Gresik Kembali Banjir

Kemudian Rabu, hujan lebat berpotensi terjadi di Brebes bagian selatan, Tegal bagian selatan, Cilacap Bagian Utara, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Sedangkan untuk Kamis, yaitu wilayah Brebes bagian selatan, Tegal bagian selatan, Cilacap bagian utara, dan Banjarnegara.

"Untuk beberapa hari ke depan akan banyak dihiasi dengan informasi kejadian hujan. Hal ini dipicu adanya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang memperkuat Angin Monsun Asia ketika berkonfluens (pola pertemuan angin lapisan atas) dengan angin dari daerah selatan," kata Teguh melalui pesan singkat, Selasa (7/1/2020).

Pola tersebut terbentuk memanjang di sekitar Pulau Jawa dan membentuk pola siklonik (pusat tekanan rendah) di sekitar Benua Australia.

"Dalam situasi seperti ini, pada daerah konvergensi tersebut sangat mudah tumbuh awan awan konvektif yang dapat menimbulkan hujan dengan intensitas sedang - lebat kadang disertai petir serta diikuti angin kencang," jelas Teguh.

Baca juga: Begini Cara Ampuh Pemkot Semarang Atasi Banjir, Dulu jika Hujan Seperti Kolam Renang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com