Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Tiang Listrik Tumbang di Sidoarjo, 126.522 Sambungan Listrik Padam

Kompas.com - 06/01/2020, 23:15 WIB
Achmad Faizal,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan tiang listrik di Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, dilaporkan roboh akibat hujan deras disertai angin kencang pada Minggu (5/1/2020) sore.

Akibatnya, sebanyak 126.522 sambungan listrik rumah tangga sempat padam.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Bob Saril mengatakan, ada 67 tiang listrik yang roboh di wilayah Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo.

Hingga Senin (6/1/2020) siang, masih ada 1.680 pelanggan PLN di Sidoarjo yang masih mengalami pemadaman listrik.

"Hingga Senin siang, sudah berkurang menjadi 1.680 sambungan pelanggan yang masih belum tersambung," kata Bob Saril saat menerima kunjungan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, Senin.

Baca juga: Suami Istri Tewas Tertimpa Pohon di Surabaya

Sementara itu, di wilayah Surabaya, semua kerusakan sudah ditangani. Kemudian, 100 persen sambungan terdampak sudah pulih sejak Minggu malam.

Data yang dihimpun dari PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur, hujan dan angin kencang pada Minggu sore merobohkan puluhan tiang listrik di wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Rinciannya, 3 tiang roboh dan 7 tiang doyong di wilayah PLN UP3 Surabaya Barat.

Kemudian, 3 tiang roboh di wilayah PLN UP3 Surabaya Selatan.

Selain itu, 67 tiang patah dan roboh, serta 11 tiang doyong di wilayah PLN UP3 Sidoarjo.

Adapun, hingga Senin pukul 08.00 WIB, dari 94 jaringan tegangan menengah (JTM) yang roboh, sebanyak 22 tiang sudah dilakukan normalisasi.

Sedangkan, dari 1.588 gardu terdampak, sebanyak 1.570 sudah menyala dan 18 masih padam.

Menurut Bob Saril, saat ini petugas sedang mendirikan konstruksi tiang baru untuk menggantikan tiang yang patah dan roboh.

"PLN telah bekoordinasi secara terpusat untuk memastikan pemulihan dilakukan secara cepat. Semoga hari ini semua sambungan yang terdampak kembali normal," ujar dia.

Baca juga: Jual Beli Uang Palsu di Surabaya, 1 Dollar AS Dijual Rp 8.000

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak berharap masyarakat di wilayah terdampak pemadaman listrik bisa bekerja sama dengan petugas PLN yang sedang melakukan normalisasi.

"Saya tadi juga menghubungi Bupati Sidoarjo untuk memastikan masyarakat di lokasi normalisasi mendukung petugas PLN, agar sambungan listrik segera normal kembali," kata Emil.

Kedatangan Emil Dardak di Kantor PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur untuk memastikan  layanan listrik sambungan rumah tangga kembali normal pasca hujan deras dan angin kencang yang melanda Surabaya dan Sidoarjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com