Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Garut, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 06/01/2020, 09:29 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kabupaten Garut diguncang gempa bumi pada Senin (6/1/2020) sekitar pukul 06.12 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi berada pada koordinat  8,15°LS dan 107,34°BT (120 km sebelah Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat), dengan magnitudo M5,1 pada kedalaman 10 km.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan bahwa pusat gempa bumi ini berada di Samudera Indonesia di sebelah selatan Pulau Jawa.

"Berdasarkan tatanan tektonik perairan selatan Jawa dipengaruhi oleh zona tunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, sehingga memberikan kontribusi tektonik di laut maupun di daratan Pulau Jawa," kata Kasbani dalam keterangan tertulisnya, Senin pagi.

Baca juga: Pagi Ini, Warga Sukabumi Dikejutkan dengan Gempa Garut Magnitudo 5,1

Menurut Kasbani, wilayah di sekitar pusat gempa bumi disusun oleh batuan sedimen dan batuan gunung api berumur tersier, serta batuan gunung api berumur kuarter.

"Batuan tersier yang terlapukkan serta batuan berumur muda dan bersifat urai bersifat mengamplifikasi guncangan gempa bumi," jelasnya.

Adapun penyebab gempa bumi berdasarkan lokasi pusat dan kedalamannya, kata Kasbani, gempa berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di selatan Jawa Barat.

Guncangan gempa ini dirasakan di Kabupaten Sukabumi dan Pelabuhan Ratu dengan intensitas III MMI, serta di Kabupaten Bandung dengan Intensitas II MMI.

"Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena meskipun berpusat di laut, namun energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi di bawah laut," kata Kasbani.

Untuk itu, pihaknya merekomendasikan agar masyarakat diimbau untuk tenang dan mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat.

Baca juga: Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami

Masyarakat juga diminta agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.

"Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com