Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Ambles di Toraja-Pinrang, Akses Lumpuh, Warga Terpaksa Angkat Kendaraan

Kompas.com - 04/01/2020, 23:09 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TORAJA, KOMAS.com - Jalan ambles terjadi di jalan poros Toraja – Pinrang  di Lembang Lemo Menduruk, Kecamatan Malimbong Balepe, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, akibatnya material yang jatuh dan menumpuk di bawah jalan penghubung antar kecamatan berupa betua-batuan bronjong menutup jalan.

Sejumlah pengendara hanya nekat mengangkat motor untuk mempercepat tiba di tempat tujuan,  sementara pengendara lainnya memilih memutar meski jarak tempuh lebih jauh.

Amblesnya jalan tersebut terjadi sejak Rabu (01/01/2020) malam lalu akibat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut.

Menurut Ferdi Patandean Sirenden mengatakan bahwa warga sebagian memilih nekat mengangkat kendaraan untuk sampai di tempat tujuan.

 Baca juga: Jalan Ambles di Tegal Alur Sudah Satu Bulan Tak Diperbaiki

“Warga nekat mengangkat kendaraan melewati material agar lebih cepat tiba di tempat tujuan, pasalnya jika memutar jaraknya cukup jauh,” kata Ferdi, saat dikonfirmasi di lokasi, Sabtu (04/01/2020).

Akibat terputusnya akses jalan tersebut, ratusan warga di 3 desa atau lembang, aksesnya terganggu yakni Lembang Menduruk, Lembang Balepe dan Lembang Leppang.

Kapolsek Saluputti AKP Martinus Pararuk mengatakan bahwa lokasi tersebut telah dibersihkan sejak Jumat (03/01/2020) bersama masyarakat, namun karena di lokasi tersebut banyak material besar yang menutup jalan dan sulit digeser.

“Material yang ada berupa batu bronjong yang masih terikat kawat dan berukuran besar, dan menutupi seluruh badan jalan, sehingga tidak memungkinkan untuk menggunkan tenaga manusia melainkan harus menggunakan bantuan alat berat,” ucap Martinus.

Baca juga: Mudik ke Jatim, Waspada Jalan Ambles di Perbatasan Ponorogo-Pacitan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com