Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Pencabulan Anak Meningkat di Aceh Utara

Kompas.com - 04/01/2020, 13:06 WIB
Masriadi ,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Berdasarkan data dari Polres Aceh Utara, kasus pencabulan terhadap anak meningkat sebanyak 23 kasus tahun 2019 dibandng tahun sebelumnya sebanyak 14 kasus.

Kasat Reskrim Polres Aceh Utara, AKP Adhitya Pratama mengatakan, secara keseluruhan unit perlindungan perempuan dan anak menangani 47 kasus tahun 2019.

Paling menonjol kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur.

"Secara keseluruhan kasus yang ditangani Unit PPA sepanjang tahun 2019 tercatat sebanyak 47 kasus, meningkat daripada tahun 2018 yang tercatat sebanyak 35 kasus atau bertambah sekitar 30 persen." ujar Adhitya, saat konferensi pers di Mapolres Aceh Utara, Rabu (1/1/2019).

Baca juga: Mengaku Polisi, Pemuda 21 Tahun di Ketapang Cabuli Anak

Dia merinci, dari 47 kasus itu sebanyak 7 di antaranya kasus pemerkosaan, 23 kasus cabul, 2 kasus kekerasan dalam rumah tangga, 6 kasus penganiayaan, 2 kasus nikah siri, dan kasus lainnya sebanyak 7 kasus.

“Semua kasus pencabulan sudah diproses,” ujar dia.

Dia berharap peran masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan tindakan mencurigakan pada polisi.

Ini bertujuan agar kasus kriminal bisa segera ditangani secara hukum.

Pelaksana Tugas Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan dan Anak, Aceh Utara, Zulkarnaini menyebutkan, penanganan kasus hukum pencabulan anak memang meningkat dari tahun sebelumnya.

“Namun, dari sisi kasus sebenarnya menurun. Tahun 2019 itu ada 104 kasus pencabulan, tahun 2018 lebih banyak lagi, tapi angkanya saya lupa. Penanganan hukumnya meningkat, kasusnya sebenarnya menurun,” katanya.

Upaya pemerintah dengan mengedukasi kaum perempuan dan anak tentang perlindungan hukum.

Selain itu mengajak masyarakat berani melaporkan kasus pencabulan ke penegak hukum. Sehingga menimbulkan efek jera bagi pelaku.

“Penguatan kapasitas perempuan dan anak terus kita lakukan, pendampingan hukumnya juga. Harapan kita, semakin sadar hukum masyarakat, semakin kecil angka kekerasan terhadap anak dan perempuan,” ujar dia.

Baca juga: Ayah Cabuli Anak Tiri yang Masih di Bawah Umur, Tergiur Kecantikan hingga Korban Hamil Lima Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com