Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras dan Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Mobil di Samping Rumah Gubernur Sulsel

Kompas.com - 03/01/2020, 16:50 WIB
Himawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebuah pohon besar tumbang saat hujan deras dan angin kencang terjadi tepat di samping rumah jabatan (Rujab) gubernur Sulawesi Selatan di Jalan Sungai Tangka, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Jumat (3/1/2020).

Kasi Humas Polsek Ujung Pandang Bripka Suwandhi mengungkapkan pohon tersebut menimpa satu mobil jenis Toyota Rush yang dikendarai seorang wanita.

Beruntung wanita di dalam mobil tersebut selamat. 

"Pengemudi mobilnya ibu-ibu dari arah Jalan Jenderal Sudirman Makassar. Posisinya memang di dalam mobil itu, cuman tidak sampai dibawa ke rumah sakit karena hanya kaca depan mobilnya yang pecah," kata Suwandhi saat dikonfirmasi melalui telepon, Jumat Sore. 

Suwandhi mengatakan bahwa kondisi fisik pohon besar di samping kediaman Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah itu memang sudah uzur dan lapuk.

Sehingga, saat hujan deras terjadi, pohon tersebut tumbang dengan posisi rebah dan membuat kemacetan di jalan sekitar rujab Gubernur. 

"Kondisi fisik pohon yang sudah usur dan lapuk membuat batang hingga ranting menjadi rentan patah karena beban air yang diresap tidak dapat lagi ditampung oleh pohon," ujar Suwandhi.

Baca juga: Pohon Tumbang Timpa 2 Mobil, Jalan ke Bandara Ngurah Rai Macet

 

Cuaca ekstrem

Sementara itu, cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari terakhir di kota Makassar memang membuat pohon besar di sekitar jalan mudah tumbang. 

Dari data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, setidaknya dalam tiga hari terakhir terdapat delapan pohon tumbang di Kota Makassar.

Kepala DLH Makassar Andi Iskandar mengatakan lokasi pohon tumbang tersebut tersebar di beberapa lokasi. 

Di antaranya Jalan Kakatua Kecamatan Mamajang, Jalan Nuri di Kecamatan Mariso, Jalan Andalas di Kecamatan Bontoala dan Jalan Ade Irma Nasution di Kecamatan Tallo, hingga yang baru-baru ini terjadi, di Jalan Sungai Tangka, Kecamatan Ujung pandang. 

Andi Iskandar mengungkapkan telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan sterilisasi di area tumbangnya pohon. 

"Sementara ini anggota masih bekerja di lapangan. Dipangkas, semuanya (batang pohon tumbang) dan dirapikan" kata Iskandar.

Baca juga: Puting Beliung Terjang 2 Kampung di Sumedang, 3 Rumah Tertimpa Pohon Tumbang

Posko pohon tumbang

DLH Kota Makassar, sebut Iskandar juga menyediakan posko pelayanan dan pengaduan khusus pohon tumbang di Kota Makassar. 

Iskandar mengimbau, warga yang mendapatkan informasi soal laporan pohon tumbang untuk segera melaporkan langsung ke posko terpadu yang terletak di Jalan Kerung-kerung tepat di area Kantor Kecamatan Makassar. 

Masyarakat, kata Iskandar juga dapat menghubungi petugas pelayanan posko terpadu pohon tumbang di nomor 112. 

"Posko itu tetap kami buka sepanjang hari. 24 jam kita standbykan anggota. Jadi kalau ada laporan langsung kita koordinasi untuk proses evakuasinya," tutup Iskandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com